Kementerian ESDM Gelar Lomba Infografis, Hadiahnya Jutaan Rupiah

Abu Ubaidillah - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 14:01 WIB
Kementerian ESDM
Foto: ESDM
Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar lomba infografis sektor ESDM tahun 2020 bertema 'Energi dan Kesejahteraan'. Kompetisi ini baru pertama kali digelar dan diharapkan bisa meningkatkan kontribusi masyarakat dalam pengelolaan sektor ESDM di masa mendatang.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agung Pribadi menyebut lomba ini adalah bagian dari strategi Kementerian ESDM membuka ruang edukasi dan wadah aspirasi dalam meningkatkan keterlibatan masyarakat di sektor ESDM.

"Meski di masa pandemi, kami tetap ingin mengajak masyarakat tetap produktif dan berkreasi serta mengajak untuk memberi masukan kepada Kementerian ESDM dengan medium kekinian," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (23/10/2020).

Agung mengatakan lomba ini bersifat individu dan terbuka untuk siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum asal mengikuti ketentuan dan syarat yang ditetapkan panitia. Setiap orang bisa mengirim maksimal 3 karya.

Pendaftaran dimulai 20 Oktober dan batas akhir pengiriman karya pada 13 November. Adapun pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 22 November.

13 karya terbaik akan dipublikasikan melalui kanal media sosial Kementerian ESDM dan akan mendapat apresiasi pendanaan pengembangan kapabilitas diri sebesar Rp 5 juta bagi pemenang I, Rp 3 juta untuk pemenang II, dan Rp 2 juta untuk pemenang III. Pemenang harapan lainnya masing-masing akan mendapat Rp 500 ribu.

"Yang paling penting adalah karya infografis merupakan karya orisinil bukan plagiarisme, belum dipublikasi atau diikutsertakan dalam kompetisi serupa. Dan tentunya relevan dengan tema yang diangkat," kata Agung.

Mengenai kriteria dan syarat lomba desain infografis lebih detail bisa mengunjungi laman resmi Kementerian ESDM atau melalui situs http://bit.ly/infografiskesdm2020.

(ega/hns)