3 Fakta Erick Thohir Tunjuk Eks Tim Sukses Jokowi Jadi Komisaris PLN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 26 Okt 2020 20:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bahas kasus Asuransi Jiwasraya bersama Komisi VI DPR. Erick buka-bukaan soal penyelesaian sengkarut PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir baru saja menunjuk Eko Sulistyo sebagai komisaris PT PLN (Persero). Eko merupakan mantan tim sukses Presiden Joko Widodo (Jokowi).

1. Tim Sukses Pilpres Jokowi-JK

Pengangkatan Eko diketahui lewat surat pengangkatan dewan komisaris PLN tertanggal 16 Oktober 2020. Surat itu ditujukan kepada Kepala Divisi Penilaian Perusahaan 2 PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Sehubungan dengan adanya Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) Nomor: SK-330/MBU/10/2020 tanggal 9 Oktober 2020 tentang Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Perusahaan Listrik Negara, dengan ini disampaikan bahwa RUPS mengangkat Sdr Eko Sulistyo sebagai Komisaris," bunyi surat tersebut seperti dikutip detikcom, Senin (26/10/2020).

Dalam catatan detikcom, Eko diketahui merupakan tim pemenangan Pilpres Jokowi-JK pada 2014. Namanya tercatat sebagai salah satu tim relawan. Tak hanya itu, ia juga pernah menjabat sebagai deputi IV Kantor Staf Presiden.

2. PLN Fokus Pelayanan

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan Eko ditunjuk karena memiliki pengalaman dan mempertimbangkan fokus PLN dalam pelayanan.

"Mas Eko kan di deputi KSP ya. Beliau kan paham dan punya pengalaman di sana dan kita tahu saat ini PLN itu kan fokusnya ke pelayanan," katanya kepada detikcom, Senin (26/10/2020).

3. Diklaim Punya Pengalaman

Menurut Arya, Eko memiliki pengalaman menangani hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat dan publik sewaktu di KSP.

"Jadi Mas Eko itu memang selama ini kita tahu waktu di deputi menangani hal-hal yang berhubungan dengan masyarakat, sosial kemasyarakatan dan berhubungan dengan publik lah," ujarnya.

Dia mengatakan, PLN yang fokus ke pelayanan membutuhkan orang-orang yang punya pengalaman. Eko akan melakukan pengawasan terhadap pelayanan ke masyarakat.

"Jadi PLN yang fokusnya ke konsumen saat ini kita butuhkan orang-orang yang punya pengalaman di penanganan masyarakat seperti itu sehingga ke depan kita harapkan dengan support dan pengawasan Mas Eko itu kan membantu PLN nantinya menangani pelayanan ke masyarakatnya," ujarnya.

(acd/ara)