Libur Panjang Maulid Nabi, Konsumsi Pertamax Turbo Naik 21,7%

Yudistira Imandiar - detikFinance
Kamis, 29 Okt 2020 18:58 WIB
Konsumsi harian Pertamax Turbo (RON 98) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat meningkat pada hari pertama libur panjang Maulid Nabi.
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Konsumsi harian Pertamax Turbo (RON 98) di wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat meningkat pada hari pertama libur panjang Maulid Nabi. PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III mencatat pemakaian harian Pertamax Turbo di wilayah tersebut naik 21,7% dari rata-rata harian sebesar 299 KL menjadi 364 KL.

"Hal ini menunjukkan kesadaran pengendara akan pentingnya bahan bakar yang dapat mendukung performa kendaraan, saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota, maupun mudik ke kampung halaman," kata Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan melalui keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020).

Eko menekankan kesadaran masyarakat dalam menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi, turut berkontribusi dalam peningkatan kualitas udara yang lebih baik.

Pertamina MOR III juga mencatat adanya peningkatan konsumsi Biosolar sebesar 18,5%, menjadi 9.376 KL dibandingkan konsumsi normal harian sebesar 7.911 KL.

"Selain karena banyak kendaraan industri, jumlah konsumen kendaraan keluarga yang memakai BBM jenis diesel juga meningkat," jelas Eko.

Dalam periode libur panjang, Eko menjelaskan Pertamina menyiagakan mobile storage di ruas Tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan, tepatnya di SPBU Rest Area KM 57A dan KM 102A, serta di jalur wisata Cisarua, Bogor, tepatnya di SPBU 33.16701 Leuwimalang.

"Mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM, yang bersiaga untuk mengisi tangki BBM di SPBU. Kami siagakan untuk mempercepat proses pengisian BBM ke SPBU, sehingga stok BBM dapat terjaga," sambung Eko.

Selain mobile storage, Pertamina juga menyiapkan armada motorist Pertamina Delivery Service di sekitar ruas Tol Jakarta-Cikampek yang disiagakan di SPBU Rest Area KM 57A. Apabila sangat diperlukan, motorist dengan pengawalan aparat akan menghampiri mobil konsumen.

Selain memastikan kesiapan stok, imbuh Eko, Pertamina juga senantiasa menjaga kebersihan SPBU dan menjalankan protokol pencegahan COVID-19 di area SPBU.

"Kami mengimbau masyarakat untuk berkendara dengan aman, tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan," seru Eko.

(akn/ara)