Listrik Padam Massal, PLN Mohon Maaf

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 01 Nov 2020 19:13 WIB
Listrik gratis dan diskon tarif listrik dari PT PLN (Persero) diperpanjang hingga Desember 2020. Anggarannya akan ditambah.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

PT PLN (Persero) meminta maaf kepada masyarakat atas padamnya listrik di sebagian wilayah Jakarta dan sebagian Jawa Barat. Listrik yang padam ini disebabkan oleh gangguan pada pemutus beban atau circuit breaker di Muara Tawar.

"Pertama tentu saja PLN menyampaikan permohonan maaf atas kejadian di hari Minggu, akhir daripada long weekend ini," kata Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS dalam konferensi pers, Minggu (1/11/2020).

Dia pun memaparkan kronologis listrik padam ini. Dia menjelaskan, pada pukul 12.58 WIB terjadi gangguan karena pemutus beban di Muara Tawar meledak.

"Pada jam 12.58 terjadi gangguan yang disebabkan adanya alat PLN yaitu pemutus beban atau bahasa asingnya cirkuit breaker 500 kV di Muara Tawar mengalami breakdown atau meledak," jelasnya.

Kemudian, hal itu membuat pasokan listrik dari arah Cirata atau Jawa Barat bagian tengah ke arah Jakarta terputus. Selanjutnya, sistem mengisolasi diri.

"Dengan adanya gangguan ini maka supply listrik dari arah Cirata atau Jawa Barat bagian tengah ke arah sebagian Jakarta maka terputus," ujarnya.

"Kemudian sistem mengisolasi diri, jadi yang sehat tetap sehat. Kemudian jalur setelah Muara Tawar yang mengalami gangguan itu melakukan isolasi diri agar semua sistem tidak padam," sambungnya.

Kondisi itu kemudian berdampak pada 42 gardu yang mengalami pemadaman. Imbasnya, listrik di Jakarta bagian timur dan juga Bekasi padam.

"Sehingga yang terjadi pada saat itu ada 42 gardu induk yang mengalami pemadaman dengan beban kurang lebih 2.000 MW yang ada di sebagian Jakarta bagian timur dan juga daerah Bekasi," ujarnya.

(acd/dna)