5.062 Sambungan Jargas Baru Mulai Beroperasi di Penajam Paser Utara

Yudistira Imandiar - detikFinance
Kamis, 05 Nov 2020 11:56 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan meresmikan Sambungan Rumah (SR) Jaringan Distribusi Gas Bumi (Jargas) Rumah Tangga di Perumahan Puri Nirwana 3, Karedengan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019). Sekitar 100 lebih rumah warga sudah terpasang jaringan gas bumi ditempat tersebut.
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Pertagas Niaga mulai mengalirkan jaringan gas (jargas) untuk 5.062 sambungan rumah tangga (SR) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Jaringan gas tersebut dibangun Ditjen Migas Kementerian ESDM dengan APBN Tahun Anggaran 2020.

Pengaliran SR jargas tahap pertama dilakukan Pertagas Niaga di Sektor 6 kelurahan sungai Parit, Kecamatan Penajam, Rabu (4/11). Sementara itu, pengaliran jargas tahap kedua akan dilakukan bertahap di Desa Giri Mukti, Giri Purwa, Sidorejo, Kelurahan Lawe, Petung dan Waru.

Jaringan gas kota di kabupaten tersebut mendapatkan pasokan dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur sebanyak 0.2 MMSCFD.

"Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan massa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak," jelas President Director PTGN, Linda Sunarti melalui keterangan tertulis, Kamis (5/11/2020).

Tambahan jargas untuk 5.062 SR memperbanyak jumlah layanan gas rumah tangga di Penajam Paser Utara. Di tahun 2019, ada 4.260 SR jargas yang terpasang di kota tersebut. Secara akumulasi, terdapat 9.322 SR yang sudah beroperasi di Penajam Paser Utara dengan skema pasca bayar.

Linda mengatakan Program pemerintah jaringan gas kota terus berlanjut sebagai upaya untuk menekan subsidi LPG serta mendorong diversifikasi energi. Ia berpesan agar warga dapat menjaga jaringan gas di lingkungan sekitarnya agar dapat dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Pertagas Niaga menargetkan sambungan jaringan gas di Penajam Paser beroperasi seluruhnya dalam tiga bulan ke depan.

(prf/ara)