PLN-Hyundai Collabs Bikin SPBU Listrik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 18 Nov 2020 19:20 WIB
Operasional mobil listrik seperti bus kota hingga taksi di China juga didukung dengan fasilitas Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) atau SPBU Listrik. Yuk kit alihat proses pengisian listrik ke baterai kendaraan.
Ilustrasi SPBU Listrik (Foto: Feby Dwi Sutianto)
Jakarta -

PT PLN (Persero) menggandeng sejumlah perusahaan penyedia kendaraan bermotor listrik seperti Gesits, Hyundai, Wuling, Wika Industri dan Grab.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan penandatanganan nota kesepahaman ini untuk mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

"Misalnya untuk penyediaan infrastruktur, pengisian ulang kendaraan berbasis baterai," kata dia secara virtual, Rabu (18/11/2020).

Dia mengungkapkan, langkah ini merupakan wujud nyata diantara pelaku usaha baik untuk produsen kendaraan listrik dan sistem integrator ekonomi untuk menuju ketahanan energi nasional.

Chief Operation Officer Hyundai Motors Indonesia, Makmur menyebutkan hal ini sejalan dengan Perpres 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program KBL berbasis Baterai untuk transportasi jalan.

"Kemudian ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 13 tahun 2020 tentang penyediaan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," jelas dia.

(kil/dna)