Pak Jokowi, BBM Premium Jadi Dihapus 2021?

Tim Detikcom - detikFinance
Kamis, 19 Nov 2020 07:06 WIB
SPBU Tanah Abang jual Pertalite dengan harga Rp 6.450 per liter. Sejumlah pemotor pun antre di SPBU itu demi dapat membeli Pertalite seharga Premium itu.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) tunggu restu Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghapus BBM Premium secara total di Jawa, Madura dan Bali (Jamali) per 1 Januari 2021. Hanya melalui Peraturan Presiden (Perpres) yang bisa merealisasikan rencana tersebut.

"Kalau ada Premium mau dihapuskan itu pasti akan diterbitkan dulu regulasinya atau SK Menteri atau Perpres. Kalau Premium (mau dihapus) itu (harus sesuai) Perpres," kata Vice President Promotion & Marketing Communication PT Pertamina, Arifun Dhalia dalam webinar yang diselenggarakan YLKI, Rabu (18/11/2020).

Sambil menunggu itu, pihaknya telah membatasi pasokan Premium dengan Program Langit Biru (PLB) yang memberikan harga Pertalite setara dengan Premium. Hal itu dilakukan agar masyarakat mau beralih dari Premium.

Pasalnya, negara ASEAN lainnya sudah tidak ada yang menjual BBM dengan kadar Research Octane Number (RON) 88 tersebut, kecuali Indonesia. Hanya ada 7 negara di dunia yang masih menggunakan BBM setara Premium.

Negara mana saja yang masih menggunakan BBM setara Premium? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Premium Bakal Dihapus, Ini Tanggapan Warga"
[Gambas:Video 20detik]