Blok Rokan Digarap Pertamina Agustus 2021, Berapa Potensi Cadangannya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 16:32 WIB
Harga Minyak Jatuh, Laba Perusahaan Migas Anjlok
Ilustrasi/Foto: BBC
Jakarta -

Wilayah Kerja (WK) migas di Rokan akan dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina Hulu Rokan pada Agustus 2021. Saat ini proses transisi alih kelola blok tersebut dari Chevron Pacific Indonesia (CPI) sedang berlangsung.

Blok migas satu ini dinilai masih memiliki potensi cadangan yang besar. Rokan juga disebut untuk mendorong capaian target 1 juta BOPD (barel minyak per hari) dan gas 12 BSCFD (milyar kaki kubik per hari) di tahun 2030.

Penasihat Ahli Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Satya Widya Yudha mengatakan, potensi cadangan minyak dari WK Rokan diperkirakan masih ada 2 miliar barel.

Hal itu bisa dicapai melalui beberapa upaya optimalisasi di lapangan eksisting. Mulai dari optimalisasi lapangan, optimalisasi metode waterflood, steamflood, serta chemical EOR

"Memperhatikan potensi yang ada, maka WK Rokan akan tetap menjadi tulang punggung produksi migas nasional dalam kurun waktu yang lama, melalui lapangan existing, optimalisasi lapangan, optimalisasi metode waterflood, steamflood, serta chemical EOR. Jadi wilayah kerja ini juga akan menjadi andalan untuk mendukung target produksi 1 juta barel di tahun 2030," ungkap Satya dalam keterangannya, Selasa (24/11/2020).

Kepala Divisi Formalitas SKK Migas Didik S. Setyadi menambahkan saat ini SKK Migas berupaya agar masa transisi hingga tahun 2021 dapat berjalan lancar.

Selanjutnya
Halaman
1 2