Digugat PKPU, Ini Jawaban PT Timah

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 21:10 WIB
PT Timah Punya Teknologi Ramah Lingkungan, Ini Penampakannya
Foto: Hendra Kusuma
Jakarta -

PT Timah Tbk digugat PKPU atau pailit oleh CV. AL RIDHO. Gugatan diajukan per 20 November 2020 ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan nomor perkara 393/Pdt.Sus-PKPU/2020/PN Niaga Jkt.Pst.

Tak lama setelah itu, BUMN tambang ini langsung buka suara lewat Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia. PT Timah Tbk membenarkan adanya gugatan tersebut namun sampai per 24 November, perseroan ini mengaku belum menerima laporan atau surat gugatan resmi dari si CV Al Ridho maupun dari Pengadilan Niaga tempat perkara itu didaftarkan.

Menurut Sekretaris PT Timah Tbk Muhammad Zulkarnaen hubungan perusahaannya dengan penggugat awalnya adalah sebagai mitra usaha.

"Hubungan Perseroan dengan pihak yang mengajukan permohonan tersebut CV Al Ridho merupakan mitra usaha penambangan PT Timah Tbk," ujar Zulkarnaen dikutip dari Keterbukaan Informasi, Jumat (27/11/2020).

Lalu, Zulkarnaen menjelaskan latar belakang munculnya gugatan tersebut. Akar masalah utamanya karena ada perbedaan perhitungan kadar bijih timah. Hal itu membuat PT Timah Tbk akhirnya tercatat berutang kepada CV Al Ridho.

"Saat ini PT Timah Tbk dan CV Al Ridho sedang menyelesaikan permasalahan pembayaran kontrak yang belum selesai dikarenakan adanya perbedaan kadar bijih timah. Hasil analisa PT Timah Tbk dengan yang ditentukan CV Al Ridho masih ada perbedaan," terangnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2