Pertamina Gaet Perusahaan Lokal Garap Pabrik Pesaing LPG

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 07 Des 2020 20:35 WIB
Batu bara di kapal CB 121 Banjarmasin terbakar dan mengeluarkan asap tebal. Nelayan di perairan Pulorida, Merak, khawatir pernapasannya terganggu.
Foto: Muhammad Iqbal
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menandatangani nota kesepahaman kerjasama strategis dengan PT Berkah Bomba Energi dalam proyek gasifikasi batu bara menjadi DME (Dimethyl Ether). Produk itu nantinya akan digunakan sebagai pengganti LPG.

"Kami menyambut baik langkah PT Pertamina yang menggandeng para perusahaan pemilik tambang batu bara dalam upaya pengembangan gasfikasi coal menjadi DME/LPG," kata CEO PT Berkah Bomba Energi, Todotua Pasaribu dalam keterangan resminya, Senin (7/12/2020).

Menurut Todotua, proyek itu tak hanya mengurangi impor LPG, tapi juga mendorong perekonomian di daerah, tepatnya di Sumatera Selatan (Sumsel). Perlu diketahui, PT Bomba Berkah Energi merupakan anak usaha dari Bomba Group yang memiliki unit usaha coal, plantation, power plan, property yang fokus di wilayah Sumatera Selatan.

"Kami sangat berkomitmen untuk pengembangan ini, apalagi niat baik kami untuk memajukan daerah Sumatera Selatan," imbuh Todotua.

Lebih lanjut, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, proyek ini diharapkan dapat menekan kerusakan lingkungan yang dikhawatirkan berasal dari batu bara.

"Dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki Indonesia dan teknologi yang tepat, maka isu lingkungan dapat dibuktikan. Bahwa program gasifikasi batubara menjadi DME menggantikan LPG tidak akan menjadi isu lingkungan di Indonesia. Pemilihan teknologi menjadi kunci," tandas Nicke.

(dna/dna)