Kurangi Impor BBM, Kilang Pertamina di Plaju Kembali Produksi Avtur

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 09 Des 2020 10:45 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

Pertamina melalui Refinery Unit III Plaju, yang merupakan Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, kembali menghadirkan produk Avtur untuk memenuhi kebutuhan konsumsi Avtur di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Peluncuran bertajuk 'Avtur Reborn' digelar Senin kemarin.

Prosesi peluncuran produk Avtur tersebut dilepas langsung oleh General Manager Refinery Unit III bersama CEO dan Direksi PT Kilang Pertamina Internasional yang hadir secara virtual. Kegiatan ini disebut merupakan bentuk kado Pertamina untuk Indonesia yang termasuk dalam rangkaian acara HUT Pertamina ke-63.

General Manager Refinery Unit III, Moh. Hasan Efendi mengatakan bersyukur karena melalui inisiatif Avtur Reborn ini, Refinery Unit III Plaju dapat memproduksi kembali produk Avtur untuk memenuhi ketahanan energi nasional dan mengurangi impor BBM.

"Pada hari ini, kami menghadirkan produk Avtur yang menjadi unggulan Refinery Unit III untuk kemandirian energi di Sumatera Bagian Selatan," terang Hasan dalam keterangan tertulis, Rabu (9/12/2020).

Dijelaskannya, inisiatif yang bertajuk 'Avtur Reborn' ini berbentuk inovasi yang diinisiasi oleh para pekerja muda Pertamina dengan membangun Avtur Treater Unit secara mandiri. Mulai dari fase engineering, procurement, construction (EPC) hingga commisioning sehingga menghemat biaya pengadaan hingga Rp 45 miliar.

Dengan adanya Avtur Treater Unit ini juga dapat meningkatkan potensi margin Refinery Unit III Plaju hingga Rp 85 miliar per tahun.

Setelah sempat mengalami penurunan produksi Avtur sejak tahun 2015 dan bahkan diskontinu produksi Avtur pada tahun 2019, Pertamina melalui Refinery Unit III Plaju akhirnya berhasil memproduksi kembali Avtur dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 KL/bulan yang merupakan pencapaian tertinggi Refinery Unit III Plaju selama lebih dari satu abad beroperasi.

Sementara itu, CEO PT Kilang Pertamina Internasional, Ignatius Tallulembang mengatakan tahun ini tidak mudah bagi semua, COVID-19 membawa dampak besar bagi dunia tidak terkecuali bagi Pertamina. Tantangan bisnis semakin besar di tengah kondisi kesehatan yang rentan.

Namun, pekerja muda Pertamina dengan semangat CIPS: Change, Innovation, Professional, Speed serta semangat pantang menyerah untuk terus menembus berbagai inovasi menjalankan program dalam rangka mencapai visi misi perusahaan.

"Pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Refinery Unit III Plaju untuk pencapaiannya. Di tahun ini PT Kilang Pertamina Internasional dapat memberikan 24 kado untuk Pertamina tercinta," ujarnya.

"Saya berharap komunikasi dengan stakeholder internal dan eksternal dapat saling mendukung program strategis, yang tidak lain untuk mencapai efisiensi dan meningkatkan daya saing perusahaan," tutup Ignatius.

(ega/zul)