PGN Salurkan Gas ke Pelanggan Industri Baru di Bekasi dan Dumai

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Senin, 21 Des 2020 16:48 WIB
Penyaluran gas
Foto: dok. PGN
Jakarta -

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan gas ke pelanggan industri baru di Bekasi dan Dumai. PGN melaksanakan gas in tersebut di PT Oji Sinarmas Packaging selaku joint venture dari Oji Holdings Corporation (Jepang) dan PT Purinusa Ekapersada (Sinarmas Group) serta PT Wilmar Energi Indonesia.

"Di Area Bekasi, PGN telah memiliki lebih dari 240 pelanggan industri dan komersial, dan PT Oji Sinarmas menjadi industri ke 11 yang Gas In di tahun 2020 dengan total volume sekitar 25.230 MMBTU per bulan," ujar Direktur Komersial PGN Faris Aziz dalam keterangan tertulis, (21/12/2020).

"Kami berharap penambahan pelanggan industri di wilayah ini dapat semakin meningkat lagi. Di samping kami terus berupaya untuk menjaga kehandalan pasokan dan infrastruktur, dan layanan gas bumi," imbuhnya. Pelaksanaan Gas In tersebut dilakukan di Kawasan Industri Bekasi, Jawa Barat, Jum'at (18/12).

Selain di Bekasi, PGN juga telah melaksanakan Gas In di Kawasan Industri Dumai, Provinsi Riau, tepatnya di PT Wilmar Energi Indonesia yang akan memakai gas dengan volume sekitar 62.100 MMBTU per bulan.

Perwakilan dari PT Wilmar Energi Indonesia Boy Hidayat mengatakan kerja sama antara PGN dengan PT Wilmar Energi Indonesia menjadi langkah baru dalam penggunaan energi baik gas bumi, sehingga nantinya akan dapat meningkatkan produksi. Mengingat gas bumi dapat menjadi energi yang andal mengalir 24 jam dengan harga yang lebih kompetitif.

"Kami berharap, pemakaian bahan bakar untuk produksi dapat lebih efisien, pasokan gas lancar, dan lebih aman," jelasnya.

Selain sebagai energi yang efisien dan dapat menghemat biaya produksi, manfaat penggunaan gas bumi dikatakan juga dapat mendukung dalam upaya terwujudnya program ramah lingkungan.

"Kerja sama antara PT Oji Sinarmas dan PGN ini akan memudahkan kami dalam rangka untuk mencapai ISO 140001. Artinya ini sangat mendukung program yang ramah lingkungan. Kalau menggunakan bahan bakar lain, emisinya cukup tinggi. Dengan adanya support dari PGN, saya yakin untuk gas akan jauh lebih aman dan ramah lingkungan," imbuh QC Manager PT Oji Sinarmas Packaging, M. Didin Ali Ridho.

Diketahui PGN kini telah melayani lebih dari 2.550 sektor industri dan komersial. Meski begitu, PGN masih memiliki pekerjaan rumah untuk bisa menyediakan infrastruktur gas yang memadai, ketahanan pasokan, dan layanan gas agar nilai lebih dari gas bumi dapat diserap pelanggan bisa optimal, terutama untuk industri yang erat kaitannya dengan multiplier effect diantaranya penambahan lapangan kerja dan peningkatan daya saing produk dalam negeri.

(prf/hns)