Kesepakatan Dagang Brexit Bikin Harga Minyak Menguat

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 25 Des 2020 10:45 WIB
Harga Minyak Anjlok
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

Harga minyak naik tipis pada hari Kamis. Hal itu dipengaruhi oleh kesepakatan perdagangan pasca-Brexit antara Inggris dan Uni Eropa (UE).

Melansir Reuters, Jumat (25/12/2020), minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) CLc1 ditutup naik 11 sen menjadi US$ 48,23 per barel, sementara minyak mentah berjangka Brent ditutup 9 sen lebih tinggi pada US$ 51,29.

Untuk minggu ini, minyak mentah AS turun 1,6% sementara Brent terkoreksi 2%.

Pasar telah menguat tajam sejak akhir Oktober karena vaksin virus Corona (COVID-19) dalam proses menuju persetujuan di banyak negara.

"Sementara kesepakatan Brexit mendukung, dampak COVID adalah pendorong dominan di pasar minyak," kata Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates, di Houston, Texas.

"Pasar minyak sedang menunggu distribusi vaksin yang lebih luas untuk membuat masyarakat kembali aktif dan mengudara," paparnya.

Strain baru virus Corona yang kelihatannya menyebarkan penyakit lebih cepat telah menyerang Inggris, Nigeria, dan negara lain.

Setidaknya empat produsen obat berharap vaksin COVID-19 mereka akan efektif melawan varian virus baru yang menyebar cepat yang sedang berkecamuk di Inggris.

(toy/eds)