Lewat Kartu Ini, Pertamina Pastikan Penggunaan LPG 3 Kg Tepat Sasaran

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 19:17 WIB
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu resmi meluncurkan Kartu Pelanggan LPG 3 Kg.
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu meluncurkan Kartu Pelanggan LPG 3 Kg. Kartu ini digunakan untuk memastikan pendistribusian dan penggunaan LPG 3 Kg di Pangkalan tepat sasaran dan harga.

Pjs. Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Ujang Supriadi menjelaskan tujuan implementasi Kartu pelanggan di Pangkalan LPG 3 Kg adalah mengidentifikasi, mengklasifikasi serta memonitor pelanggan LPG 3 Kg sesuai dengan aturan peruntukannya di sektor rumah tangga, UMKM dan pengecer.

"Pendistribusian LPG 3 Kg bisa lebih tepat sasaran dan tepat harga. Diharapkan dapat menjamin stabilitas HET LPG 3 Kg serta mengantisipasi terjadinya kekurangan pasokan di momen-momen hari raya dan hari penting lainnya," tutur Ujang, dalam keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Program Kartu Pelanggan LPG 3 Kg juga mempermudah Pertamina dan Stakeholder dalam melakukan pengawasan pendistribusian LPG 3 Kg tepat sasaran dan tepat harga untuk mendorong masyarakat beralih menggunakan LPG Non subsidi yaitu, Bright Gas 5,5 Kg dan 12 Kg. Tak hanya itu, bersama dengan Pemerintah Kota Bengkulu, Pertamina juga menyiapkan program-program trade menarik bertema MOVE ON untuk mengajak masyarakat, ASN, TNI dan Polri agar beralih dari LPG 3 Kg ke Bright Gas.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengungkapkan setelah diluncurkan, kartu pelanggan tersebut akan direalisasikan di 4 Pangkalan dari 4 Agen selama 1 bulan ke depan. Adapun pangkalan yang dipilih antara lain Pangkalan Rida, Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu.

"Setelah dilakukan evaluasi, program ini akan kita masifkan untuk diimplementasikan kepada seluruh pangkalan LPG 3 Kg Kota Bengkulu," tutur Dedy.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut berlangsung di salah satu Pangkalan Gas di Kelurahan Kandang Mas, Kecamatan Kampung Melayu, Selasa (29/12) yang lalu. Kartu Pelanggan LPG 3 Kg ini juga telah sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 26 tahun 2009 Tentang Penyediaan dan Pendistribusian Liquified Petroleum Gas.

Ini juga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM No. 13 tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

(akn/hns)