Pendiri Freeport Jim Bob Tutup Usia Imbas COVID-19

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 11 Jan 2021 07:00 WIB
Bos besar freeport Jim Bob Moffett
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Salah satu pendiri dan mantan CEO Freeport-McMoRan Inc, Jim Bob Moffett meninggal dunia akibat komplikasi COVID-19 di usia 82 tahun. Dia mengembuskan napas terakhir pada Jumat (8/1) di Austin, Texas.

Putra dari Jim Bob Moffett, Bubba mengatakan ayahnya sudah sakit selama bertahun-tahun sebelum terjangkit COVID-19.

"Dia adalah pahlawanku," kata Bubba, yang kini menjadi presiden Crescent Crown Distributing, sebuah perusahaan bir dan minuman di Lousiana dan Texas, dikutip dari Nola.com, Minggu (10/1/2021).

Mantan Wali Kota New Orleans Sidney Barthelemy (1986-1994) mengatakan Jim Bob telah berjasa membangkitkan kembali perekonomian New Orleans ketika perekonomiannya terdampak penurunan harga minyak dunia. Jim Bob menyetujui refinancing obligasi senilai US$ 35 juta untuk pekerjaan infrastruktur, taman, dan perpustakaan.

"Dia orang yang baik dan siap membantu. Dia aset yang luar biasa bagi kota ini," kata Barthelemy.

Bill Goldring, pengusaha minuman keras dari New Orleans dan salah satu orang yang mengenal dekat Jim Bob, mengatakan Jim Bob memiliki kepribadian yang keras dan pantang menyerah.

Jim Bob lahir di Houma, Louisiana pada tahun 1938. Setelah perceraian orang tuanya, ibunya pindah ke Houston membawa Jim Bob dan adiknya ke Houston. Di sana dia kuliah di UT dengan beasiswa olahraga football. Dia meraih gelar master di Tulan University, New Orleans.

Pada 1969, Jim Bob mendirikan McMoRan Exploration bersama W K McWilliams Jr and B M Rankin. Pada tahun 1981, McMoran Oil & Gas Co melakukan merger dengan Freeport Minerals Co dan menjadi Freeport-McMoran Copper & Gold Inc. Pada 1972, Freeport-McMoran kemudian membangun tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua, yang menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

(ara/ara)