Cek Token Listrik Gratis Januari 2021 dengan PLN Mobile, Ini Caranya

Rosmha Widiyani - detikFinance
Kamis, 21 Jan 2021 09:52 WIB
Promo Gebyar Kemerdekaan 2020 Tambah Daya Listrik Super Wow PLN menarik minat warga. Pasalnya dalam promo itu warga dapat tambah daya dengan harga diskon.
Foto: Istimewa/Dok. PLN/Cek Token Listrik Gratis Januari 2021 dengan PLN Mobile, Ini Caranya
Jakarta -

Token listrik gratis Januari 2021 bisa diakses dengan aplikasi PLN mobile. Akses lewat aplikasi memudahkan para penerima stimulus listrik dari PLN selama pandemi COVID-19.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana sempat menjelaskan, stimulus token listrik gratis yang disediakan pemerintah mencapai Rp 4,57 triliun. Token listrik gratis tersedia bagi pelanggan 450 VA, sedangkan bagi pengguna daya 900 VA tersedia diskon 50 persen.

"Total Rp 4,57 triliun untuk stimulus diskon rumah tangga 450 sama 900 VA, diskon untuk industri dan bisnis kecil, kemudian diskon untuk rekening minimum itu total untuk triwulan I-2021," ujar Rida pada Rabu (31/1/2021).

Bagi penerima stimulus listrik PLN, bantuan tentu tidak sulit diakses lewat aplikasi PLN Mobile. Penerima bantuan cukup mendownload aplikasi ini lebih dulu di gadget masing-masing.

Berikut cara cek token listrik gratis Januari 2021 lewat aplikasi PLN mobile:

1. Pastikan aplikasi telah terinstal dalam gadget usai download

2. Setelah terinstal, buka aplikasi PLN mobile dan pilih PLN Peduli COVID-19 pada bagian Info & Promo

3. Ketik ID Pelanggan/Nomor Meter pada kolom yang tersedia

4. Token gratis akan muncul yang kemudian dimasukkan ke meteran sesuai ID pelanggan.

Cara cek token listrik gratis Januari 2021 juga bisa diakses lewat situs www.pln.co.id dan nomor WhatsApp 08122-123-123. Penerima bantuan bisa memilih cara cek token listrik sesuai kondisi dan kebutuhannya.

Rida menjelaskan, program token listrik gratis diperpanjang sebagai bentuk jaring pengaman sosial. Total stimulus tidak berubah dibanding tahun lalu, untuk membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

Token listrik gratis tidak diberikan pada semua pelanggan PLN. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi para penerima stimulus listrik PLN.

Syarat penerima token listrik gratis Januari 2021:

1. Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

2. Sampai batas pemakaian KwH yang ditetapkan

3. Syarat dan ketentuan berlaku.

Jika tak memenuhi syarat tersebut, token listrik gratis Januari 2021 yang diberikan hingga Maret mungkin tidak diterima.



Simak Video "Heboh! Petugas PLN di Medan Diludahi Saat Tagih Tunggakan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)