Layanan Token Listrik Gratis PLN Februari 2021, Segera Klaim Via Aplikasi

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 01 Feb 2021 07:00 WIB
PLN luncurkan aplikasi layanan pelanggan New PLN Mobile. Beragam fitur tersedia di aplikasi itu untuk memenuhi kebutuhan serta memberi kemudahan bagi pelanggan.
Layanan Token Listrik Gratis PLN Februari 2021, Segera Klaim Via Aplikasi (Foto: Istimewa/Dok.PLN)
Jakarta -

Pemerintah memperpanjang pemberian stimulus sektor ketenagalistrikan berupa pemberian layanan token listrik gratis PLN sampai Maret 2021. Pelanggan dapat segera mengklaim layanan token listrik gratis PLN via aplikasi PLN Mobile atau klik stimulus.pln.co.id.

Token listrik gratis PLN diberikan penuh bagi pelanggan Rumah Tangga daya 450 VA. Sementara untuk Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi mendapat diskon 50%.

Selain itu, diskon 100% untuk UMKM golongan bisnis kecil daya 450 VA dan golongan industri kecil daya 450 VA juga ikut diperpanjang. Jumlah penerima dari diskon tarif listrik ini mencangkup 33,7 juta pelanggan.

Pelanggan yang ingin mendapatkan layanan token listrik gratis PLN bisa melalui aplikasi PLN Mobile atau mengakses laman stimulus.pln.co.id.

"Electrizen, dengan aplikasi New PLN Mobile, cek token listrik diskon 100% dari program Stimulus Covid-19 jadi makin mudah loh," tulis PLN dalam akun resmi Instagram pln_id seperti yang dilihat detikcom.

A. Aplikasi PLN Mobile

1. Pelanggan harus mengunduh dulu aplikasi New PLN Mobile yang sudah tersedia di Play Store dan App Store.

2. Klik banner yang bertuliskan "PLN Peduli Covid-19"

3. Input ID pelanggan atau nomor meter, lalu kirim.

B. Klik stimulus.pln.co.id.

1. Buka laman stimulus.pln.co.id

2. Masukkan nomor meteran atau ID pelanggan

3. Akan muncul token listrik gratis di layar

4. Masukkan kode token listrik sesuai ID pelanggan yang didaftarkan tadi

Namun berbeda dari tahun 2020, ada pembatasan layanan token listrik gratis PLN untuk tahun 2021. Pelanggan pasca bayar golongan 450 VA hanya berhak atas listrik gratis untuk pemakaian 720 jam nyala atau setara 324 kWh.

Jika pemakaian melebihi batas tersebut,maka akan dikenakan tarif normal, yakni tarif 450 VA yang disubsidi.

Sementara, bagi pelanggan pascabayar golongan 900 VA bersubsidi, listrik gratis diberikan untuk pemakaian 720 jam nyala atau setara 648 kWh. Di atas itu akan dikenakan tarif normal yang disubsidi.

Selanjutnya, untuk pelanggan prabayar golongan 450 VA, perubahannya layanan token listrik gratis PLN diberikan sebesar pemakaian tertinggi pada Desember 2019-Februari 2020.

Sedangkan untuk pelanggan prabayar golongan 900 VA bersubsidi, diskon tarif 50 % diberikan ketika pelanggan melakukan transaksi pembelian token.

(pal/erd)