PLTS Atap Dilirik Swasta, Ini Buktinya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 03 Feb 2021 18:44 WIB
Indonesia memiliki iradiasi energi matahari rata-rata 4,80 kWh per m2 per hari. Sehingga menjadi pilihan yang baik sebagai alternatif sumber energi.
Ilustrasi PLTS Atap (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pemenuhan listrik melalui energi baru terbarukan mulai diminati perusahaan swasta. Pembangkit yang digunakan di antaranya ialah pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS atap.

Perusahaan itu salah satunya PT Chandra Asri Petrochemical Tbk yang menggandeng Total Solar DG membangun instalasi panel surya atau photovoltaic (PV) kedua di kompleks petrokimia milik Chandra Asri di Cilegon, Banten. Instalasi panel surya atap ini akan mengalirkan listrik untuk area gudang Chandra Asri, gedung laboratorium dan stasiun pengisian untuk forklift listrik.

PLTS atap ini menghasilkan tambahan daya listrik tenaga surya sebesar 554 MWH yang setara dengan konsumsi 40 rumah tangga.

Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra mengatakan, pihak berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon. Maka itu, salah satu cara yang ditempuh ialah membangun sumber energi yang ramah lingkungan.

"Kami berkomitmen untuk terus mengurangi emisi karbon yang dihasilkan di setiap area operasional kami serta meminimalisir dampaknya terhadap lingkungan. Sebagai salah satu produsen energi surya terkemuka di Asia Tenggara, Total Solar DG dapat membantu memenuhi tujuan kami dalam mengutamakan prinsip keberlanjutan di semua area operasional kami," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (3/2/2021).

Proyek ini bukanlah proyek pertama. Sebelumnya, Chandra Asri juga menggandeng Total Solar DG mampu menghasilkan energi 935 megawatt-jam di tahun 2019 untuk mengaliri listrik gedung perkantoran Chandra Asri di Cilegon.

CEO of Total Solar Distributed Generation Southeast Asia, Gavin Adda mengatakan, pihaknya berharap dapat mendukung upaya perusahaan dalam mengurangi emisi karbon lewat PLTS atap ini.

"Dengan kehadiran yang kuat dan terus berkembang di Asia, serta dipercaya oleh perusahaan seperti Chandra Asri sebagai mitra pilihan energi surya, Total Solar DG memberikan solusi yang memenuhi dua aspek kelestarian lingkungan dan tujuan penghematan biaya. Kami berharap dapat mendukung Chandra Asri dalam upayanya untuk mengurangi emisi karbon selama beberapa dekade mendatang," katanya.



Simak Video "Jawa Barat Kembangkan Energi Alternatif Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)