Medco Mau Genjot Pembangkit EBT, Lokasinya di Mana?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 05 Feb 2021 13:37 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan mengajak Pemda untuk dapat mendorong penggunaan energi baru terbarukan (EBT). Salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PT Medco Power Indonesia (MPI) akan menggenjot pembangkit listrik energi baru terbarukan (EBT). Sejumlah pembangkit EBT akan dikembangkan MPI.

Presiden Direktur MPI Eka Satria mengtakan, pihaknya akan mengembangkan pembangkit listrik panas bumi atau geothermal.

"Memang salah satu misi Medco Power Indonesia dalam pengembangan energi listrik yang bersih dan ramah lingkungan. Saat ini kami mempunyai platform yang khusus untuk energi bersih dan juga geothermal. Jadi ada platform khusus di mana saat ini ada beberapa project yang bisa di-highlight itu adalah ke depannya ingin mengembangkan geothermal," paparnya dalam teleconference, Jumat (5/2/2021).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di dua wilayah yakni Bali dan Sumbawa.

"Solar panel PLTS ada 2 project di Bali 2x25 dan juga di Sumbawa, di Sumbawa ini PLTS untuk kepentingan mining," ujarnya.

Lebih lanjut, MPI sendiri akan terjun ke bidang kendaraan listrik. Hal ini ditandai dengan peluncuran Electric Vehicle Ecosystem atau ekosistem kendaraan listrik. Sebagai pilot project, pihaknya memasang Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Energy Building kawasan SCBD Sudirman, Jakarta.

Sementara, Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk Hilmi Panigoro mengatakan, pihaknya akan mendukung pemerintah dalam mengembangkan eksosistem kendaraan listrik. Meski, ia tak tahu sejauh mana Medco akan terlibat dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

"Tentunya Medco Energi sebagai perusahaan swasta nasional kami sangat mendukung program pemerintah dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia ini," katanya.

"Inisiatif ini tentunya akan dikembangkan lebih luas terutama kepada seluruh perusahaan di Medco Grup walaupun terus terang saya masih belum tahu Medco Grup ini akan partisipasi lebih jauh di mananya nih di rantai bisnis mobil listrik ini, tapi yang jelas kami commit," tambahnya.

(acd/ara)