6 Pemanfaatan Minyak Bumi bagi Kehidupan, Apa Saja?

Puti Yasmin - detikFinance
Selasa, 09 Feb 2021 15:02 WIB
PT Pertamina (Persero) resmi mengelola cadangan minyak dan gas bumi, Blok Mahakam. Sebelumnya, Blok Mahakam dikelola oleh Total E&P Indonesie (TEPI).
Foto: Pool/6 Pemanfaatan Minyak Bumi bagi Kehidupan, Apa Saja?
Jakarta -

Minyak bumi menjadi salah satu sumber daya alam yang keberadaanya sangat berharga. Ada banyak pemanfaatan minyak bumi yang bisa berguna bagi kehidupan manusia.

Berkat manfaatnya, banyak negara yang melakukan eksplorasi daerah penghasil minyak bumi dan dimanfaatkan atau diekspor ke negara lain demi keuntungan. Indonesia sendiri mengatur pemanfaatan minyak bumi dalam Permen ESDM Nomor 42 Tahun 2018 tentang prioritas pemanfaatan minyak bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Pemanfaatan Minyak Bumi dikutip dari buku "Minyak Bumi Membuat Dunia Terkesima' karya Yulianus Haryata:

  • 1. Bahan Bakar

Minyak bumi banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor maupun mesin diesel. Bahan bakar tersebut didapatkan dari proses penyulingan atau distilasi.

  • 2. Sumber Gas Cair

Minyak bumi juga banyak dimanfaatkan sebagai gas cair. Salah satu produk yang banyak digunakan masyarakat adalah LPG. Prpduk ini disimpan dalam sebuah tabung dan biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

  • 3. Industri Petrokimia

Khasiat minyak bumi lainnya biasa digunakan untuk mendukung industri petrokimia. Industri ini biasanya memproduksi berbagai barang, seperti pupuk urea, serat pakaian, kosmetik, cat, lilin, hingga karet nilon.

  • 4. Sumber Produksi Polimer

Sumber produksi polimer biasa digunakan untuk banyak industri, khususnya plastik. Pemanfaatan minyak bumi dalam hal ini adalah menghasilkan polimer untuk dibuat menjadi mainan, pakaian, hingga makanan.

  • 5. Bahan Serat

Bahan-bahan serat, seperti rayon, polyester, nilon, dan tekstil sintetis bisa dibuat dengan melakukan pemanfaatan minyak bumi. Zat ini diketahui sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia.

  • 6. Bahan Poliuretan

Pemanfaatan minyak bumi http://detik.com/tag/minyak-bumi yang terakhir adalah menjadikan bahan poliuretan. Bahan ini biasa digunakan untuk membuat busa yang mana berfungsi sebagai tambahan sofa, pelindung barang, matras, hingga jok motor dan mobil.

(pay/erd)