Texas Dilanda Cuaca Dingin Brutal, Listrik Mulai Krisis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 11:09 WIB
AUSTIN, TX - FEBRUARY 15: A truck drives along an icy road on February 15, 2021 in East Austin, Texas. Winter storm Uri has brought historic cold weather to Texas, causing traffic delays and power outages, and storms have swept across 26 states with a mix of freezing temperatures and precipitation.   Montinique Monroe/Getty Images/AFP
Foto: Montinique Monroe/Getty Images/AFP
Jakarta -

Musim dingin ekstrem yang terjadi di Texas membuat jutaan penduduk kesulitan mendapatkan aliran listrik. Mengutip Reuters pejabat Texas mengungkapkan jika pembangkit listrik di Texas kapasitasnya turun 40%.

Hal ini karena jaringan pipa, sumur gas alam, turbin angin membeku akibat cuaca extrem. Selain itu rumah sakit di Houston juga melaporkan tak memiliki pasokan air bersih akibat pembekuan.

Cuaca dingin ini membuat para penduduk untuk tetap di rumah walaupun tanpa penerangan dan penghangat ruangan. Pipa dan saluran air juga membeku dan rusak.

Gubernur Greg Abbott mengungkapkan pembangkit nuklir di Texas akan beroperasi dan bisa memproduksi daya untuk 400.000 rumah.

Abbott juga akan melakukan penyelidikan ke manajemen Electric Realibility Councyl of Texas (ERCOT) yang bertanggung jawab menyalurkan 90% listrik di negara bagian.

Seorang ibu berusia 45 tahun bernama Laura Nowell mengungkapkan pemadaman listrik ini terjadi pada pagi hari. Ia dengan empat anaknya berusaha untuk tetap hangat dengan berkumpul dan duduk di mobil mereka untuk mengerjakan tugas.

"Kami tidak pernah merasa sedingin ini, ada es di mana-mana," ujar penduduk Texas tersebut.

(kil/fdl)