Pertamina Kucurkan Investasi Jumbo Rp 142 T di 2021

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 10:23 WIB
Pertamina
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) bakal mengucurkan investasi jumbo di tahun ini. Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury menyebut nilainya mencapai US$ 10 miliar. Itu setara Rp 142,9 triliun (kurs Rp 14.298/US$).

"Pertamina yang diharapkan di tahun ini akan melakukan investasi dengan total jumlah sebesar US$ 10 miliar," kata Pahala dalam webinar Prospek BUMN 2021 Sebagai Lokomotif PEN dan Sovereign Wealth Fund, Kamis (4/3/2021).

Pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan Pertamina itu menjelaskan bahwa BUMN diharapkan mampu mendorong ekonomi Indonesia untuk pulih dari pandemi virus Corona (COVID-19).

Untuk itu lah diharapkan melalui berbagai kegiatan investasi, proyek-proyek strategis nasional yang dilakukan oleh BUMN, tujuan pemulihan ekonomi nasional dapat tercapai.

"Kita berharap bahwa kegiatan ini tentunya akan mendorong dan juga men-jumpstart kegiatan ekonomi di Indonesia sehingga dengan adanya investasi yang cukup besar tersebut diharapkan ekonomi akan segera bergerak," sebut Pahala.

Bukan hanya Pertamina, BUMN lain seperti PT PLN (Persero) juga akan terus didorong untuk melanjutkan kegiatan investasinya.

"Kita pun berharap melalui BUMN kita akan mampu untuk mengembangkan bisnis model yang baru untuk melakukan kegiatan pengembangan ekonomi, bukan hanya di jangka pendek ini tapi juga jangka menengah-panjang," tambahnya.

Simak juga Video: Erick Thohir Minta 3 BUMN Bikin Baterai Mobil Listrik tahun 2023

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)