PLN Siap Beri Diskon Tarif 30% untuk 'Ngecas' Kendaraan Listrik

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 26 Mar 2021 20:45 WIB
Masih dengan tekad membuat langit Jakarta biru kembali, PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) menghimbau agar masyarakat tak takut gunakan kendaraan listrik. Soalnya, mereka akan membuat paling tidak 1500 Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) hingga akhir 2018.
Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta -

PT PLN (Persero) menjamin pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik terus meningkat. Sejumlah langkah disiapkan PLN untuk memenuhi kebutuhan kendaraan listrik tersebut, dari stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) hingga diskon tarif.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menjelaskan, seiring bertambahnya kendaraan listrik maka kebutuhan listrik akan meningkat. Maka itu, pihaknya memastikan ketersediaan pasokan listrik dari hulu sampai hilirnya.

PLN, kata dia, juga menyiapkan model bisnis SPKLU dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik (SBPKLU).

"Sehingga kendaraan listrik itu nantinya bisa didukung charging station baik charging di dalam rumah maksudnya pada saat mereka berada di rumah dan melakukan charging, tapi juga di luar rumah saat mereka beroperasi di luar rumah," katanya dalam konferensi pers, Jumat (26/3/2021).

Dia juga menuturkan, PLN juga akan memberikan diskon sampai 30% untuk charge di malam hari. Hal ini sebagai persiapan PLN untuk mendukung kendaraan listrik.

"Dan dalam kesempatan ini kami ingin sampaikan kalau nanti dilakukan charging di dalam rumah, di malam hari, kita bisa memberikan diskon misalnya 30% dari tarif listrik rumah tangga. Inilah kesiapan-kesiapan PLN untuk menyambut naiknya konsumsi listrik di waktu-waktu mendatang," ujarnya.

(acd/zlf)