Api Sempat Membara Lagi di Kilang Balongan!

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 02 Apr 2021 11:29 WIB
Jakarta -

Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat atau Kilang Balongan kembali terbakar setelah sebelumnya berhasil dipadamkan. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (1/4) malam dan ramai dibahas oleh warganet.

Berdasarkan penelusuran detikcom, Jumat (2/4/2021), kejadian tersebut diunggah oleh akun Instagram @indramayuterkini. Salah satunya video kiriman dari @dedymusashi.

Dalam unggahan video tersebut juga dijelaskan penyebabnya, dugaan sementara berasal dari sisaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Api kembali membesar di salah satu tangki T-301 di area kilang Pertamina Refenery Unit VI Balongan. Upaya pemadaman dan pendinginan oleh tim fire fighting masih berlangsung. Api diduga berasal dari sisa BBM yang belum terbakar," tulis akun @indramayuterkini.

Kejadian ini sudah diunggah sejak 11 jam yang lalu. Pada kejadian tersebut, dikabarkan juga bahwa masyarakat sekitar mendengar suara ledakan kecil sebelum akhirnya muncul api, serta mencium bau bahan bakar.

Setelah beberapa jam kemudian, akun @indramayuterkini kembali mengunggah video yang melaporkan bahwa api yang sempat menyala sudah berhasil dipadankan. Saat ini, masih dilakukan upaya pemadaman dan pendinginan oleh tim fire fighting.

Detikcom sudah menghubungi pihak PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dan manajemen PT Pertamian (Persero). Hingga saat ini Perseroan belum merespon serta memberikan penjelasan mengenai kejadian tersebut.

Akan tetapi, kejadian tersebut dibenarkan oleh pihak Kepolisan.

"Iya muncul lagi apinya. Tapi intensitasnya kecil," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi.

Erdi menuturkan api yang muncul itu di salah satu dari tiga tangki yang sudah padam. Sekadar diketahui, sebelumnya tiga tangki dinyatakan padam dari kebakaran.

(dna/dna)