Api Membara Lagi di Kilang Balongan, Pertamina: Mohon Doa hingga Aman

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 02 Apr 2021 12:23 WIB
Tim emergency Pertamina berhasil memadamkan kebakaran di kilang Balongan, Rabu (31/3). Begini upaya pemadaman kebakaran di kilang milik Pertamina tersebut.
Foto: Pool/Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) akhirnya buka suara terkait api yang kembali muncul di area tanki T-301 Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Manajemen membenarkan kejadian tersebut dan sedang melalukan pendinginan dan pengawasan di lokasi.

"Hingga saat ini kami masih tetap melakukan pendinginan dan pengawasan di area tanki T-301 sambil memastikan tidak ada potensi api akan muncul lagi, termasuk dari minyak yang kemungkinan masih terperangkap dalam lipatan dinding plat tanki yang telah dipadamkan. Peralatan pemadam dan foam tetap standby disekitar area tanki," kata SPV Communication and Investor Relation PT Pertamina (Persero) Agus Suprijanto seperti yang dikutip, Jumat (2/4/2021).

Agus mengatakan manajemen juga terus melakukan pengawasan selama 24 jam ke depan. Tim fire fighting pun disiagakan terus untuk mengantisipasi adanya titik api yang muncul.

"Mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Indonesia agar kami dapat menangani insiden ini hingga benar-benar aman," ungkapnya.

Sebelumnya, kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat kembali terbakar setelah sebelumnya berhasil dipadamkan. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (1/4) malam dan ramai dibahas oleh warganet.

Berdasarkan penelusuran detikcom, Jumat (2/4/2021), kejadian tersebut diunggah oleh akun Instagram @indramayuterkini. Salah satunya video kiriman dari @dedymusashi.

Dalam unggahan video tersebut juga dijelaskan penyebabnya, dugaan sementara berasal dari sisaan Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Api kembali membesar di salah satu tangki T-301 di area kilang Pertamina Refenery Unit VI Balongan. Upaya pemadaman dan pendinginan oleh tim fire fighting masih berlangsung. Api diduga berasal dari sisa BBM yang belum terbakar," tulis akun @indramayuterkini.



Simak Video "Pertamina Sebut Api yang Bakar Tangki Minyak di Balongan Sudah Dilokalisir"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)