Kapan Pertamina Buka-bukaan Sebab Kilang Balongan Terbakar?

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 02 Apr 2021 16:44 WIB
Tim emergency Pertamina berhasil memadamkan kebakaran di kilang Balongan, Rabu (31/3). Begini upaya pemadaman kebakaran di kilang milik Pertamina tersebut.
Foto: Pool/Pertamina
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eddy Soeparno mengungkapkan pada Senin (5/4) pekan depan pihak PT Pertamina (Persero) akan buka-bukaan tentang penyebab terbakarnya 4 tangki di kawasan Kilang Balongan, Jawa Barat.

Eddy mengatakan, Komisi VII DPR akan mengadakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan jajaran direksi Pertamina pada awal pekan depan.

"Kami berikan keleluasaan investigasi kepada Direktur Pertamina, nanti Senin ada RDP dan kita harap dapatkan informasi mendalam secara menyeluruh mengenai penyebab," kata Eddy dalam webinar Naras Institute soal Dampak Ekonomi BBM atas Terbakarnya Kilang Balongan, Jumat (2/4/2021).

Rapat dengar pendapat ini, kata Eddy sangat penting bagi Pertamina untuk memberikan penjelasan serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat bahwa pihaknya bisa menangani permasalah yang terjadi.

"Inilah yang tengah kita tunggu sama-sama, tapi kami menunggu investigasi selesai," jelasnya.

"Jangan sampai mengulangi kasus di DKI yang terjadi pemadaman massal pada Agustus 2020 yang disalahkan adalah pohon sengon," tambahnya.

Untuk saat ini, Eddy mengimbau kepada Pertamina agar fokus melakukan investigasi dan tidak memberikan komentar apapun terkait dengan kejadian terbakarnya 4 tanki di kawasan Kilang Balongan yang tidak mendasar.

"Karena itu menimbulkan confidance, Pertamina bisa menangani. Kami sudah meminta merumuskan langkah pencegahan jangan sampai terulang lagi, dengan fasilitas vital yang memegang peran strategis itu protokol pengawasan, keselamatannya sudah ketat," ungkapnya.



Simak Video "Pertamina Sebut Api yang Bakar Tangki Minyak di Balongan Sudah Dilokalisir"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)