Ahok Bicara Sebab Kebakaran Kilang Balongan, tapi Masih Ada Misteri

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 03 Apr 2021 08:00 WIB
komisaris pertamina ahok kilang balongan
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Kebakaran di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, bikin geger. Pasalnya peristiwa itu membuat ratusan warga yang bertempat tinggal di sekitar kilang mengungsi.

Lantas apa penyebab kebakaran di kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) itu? Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama pun buka suara.

"Yang pasti tangki bocor," ujar pria yang beken disapa Ahok itu dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (2/4/2021).

Namun, masih ada teka-teki yang belum terungkap terkait kebocoran tangki tersebut.

"Yang belum terjawab kenapa bocor pengamanan terlambat," kata Ahok.

Meski tidak menjelaskan lebih lanjut, Ahok memastikan Pertamina maupun kepolisian terus menginvestigasi penyebab kebocoran Kilang Balongan.

Sebagai informasi kebakaran di Kilang Balongan tepatnya terjadi di tangki T-301G PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI. Mengutip situs Pertamina, RU VI Balongan merupakan kilang keenam dari tujuh kilang milik PT Pertamina (Persero). Kilang RU VI Balongan beroperasi sejak 1994. RU ini memiliki visi menjadi kilang terkemuka di Asia.

Bisnis utama Kilang Balongan RU VI adalah mengolah minyak mentah (Crude Oil) menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), Non BBM dan Petrokimia. Wilayah operasinya di Balongan, Mundu dan Salam Darma. Bahan baku yang diolah di Kilang RU VI Balongan adalah minyak mentah Duri dan Minas yang berasal dari Provinsi Riau.

Menurut situs Pertamina, sebagai kilang yang relatif baru dan telah menerapkan teknologi terkini, Pertamina RU VI mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Dengan produk-produk unggulan seperti Premium, Pertamax, Pertamax Plus, Solar, Pertamina DEX, Kerosene (Minyak Tanah), LPG, Propylene.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA

(hek/hns)

Tag Terpopuler