Cek Kilang Balongan, Menteri ESDM Minta Pasang Teknologi Baru

Sudirman Wamad - detikFinance
Sabtu, 03 Apr 2021 16:00 WIB
Jakarta Energy Forum 2020 resmi dibuka oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Acara ini bertema
Foto: Sudirman Wamad: Menteri ESDM cek Kilang Balongan
Indramayu -

Proses investigasi kebakaran di Kilang Balongan sedang berjalan. Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pun buka suara meminta Pertamina mengevaluasi sistem keamanan.

"Ke depan, dengan adanya kejadian ini, tentu Pertamina harus mengidentifikasi apa saja yang harus diperlukan dalam sistem pengamanan kilang-kilangnya," kata Arifin Tasrif kepada awak media di RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (3/4/2021).

Arifin Tasrif juga meminta Pertamina untuk memasang instalasi unit pengamanan Kilang Balongan sesuai dengan standar internasional. "Gunakan teknologi yang terbaru (pengamanan), yang dipakai oleh industri sejenis. Bangun sistem komunikasi juga dengan masyarakat," kata Arifin .

Arifin Tasrif menambahkan sistem komunikasi dengan masyarakat penting untuk dibuat. Sebab, lanjut dia, apabila ada hal-hal yang membahayakan masyarakat, maka masyarakat bisa menyelamatkan secara dini.

"Semoga hal ini tidak terulang lagi ke depannya," katanya.

Arifin mengatakan untuk memenuhi kebutuhan pasokan BBM saat ini Pertamina tengah menggenjot produksi BBM dari lokasi selain Kilang Balongan.

"Pertamina akan mengoptimalkan kapasitas produksi dari kilang yang ada dengan memperhatikan standar keselamatan kerja," kata Arifin Tasrif.

"Penyebab kejadian masih dilakukan investigasi, baik oleh internal Pertamina maupun eksternal. Termasuk saya ingin ada kajian dari pihak internasional," kata Arifin Tasrif menambahkan.

Sebelumnya, pihak kepolisian membenarkan kejadian adanya tangki yang kembali terbakar di lokasi T-301. "Iya muncul lagi apinya. Tapi intensitasnya kecil," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Jumat (2/4/2021).

Erdi menuturkan api yang muncul itu di salah satu dari empat tangki yang sudah padam. Sekadar diketahui, sebelumnya empat tangki dinyatakan padam dari kebakaran.

(hns/hns)