Viral Gaji Petugas Kebersihan Pertamina Rp 13 Juta, Manajemen: Hoax!

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 09 Apr 2021 18:46 WIB
Pemerintah lagi-lagi mengungkapkan soal rencana kenaikan harga BBM subsidi pada bulan Juni 2013 mendatang. Harga bensin premium akan naik menjadi Rp 6.500/liter, dan solar harganya menjadi Rp 5.500/liter.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) menyebut informasi viral di media sosial yang menginformasikan gaji pegawai kebersihan yang mencapai Rp 13,6 juta adalah hoax. Informasi itu diunggah oleh akun Instagram @enamon_jokes yang diambil dari video TikTok.

Dalam unggahan tersebut, terdapat sebuah kertas slip gaji dengan logo Pertamina. Isi kertas itu berupa rincian gaji seorang pegawai dengan jabatan kebersihan. Gajinya yang mencapai Rp 13,6 juta ini terdiri dari gaji pokok Rp 3 juta, bonus absen Rp 950 ribu, bonus kerja Rp 1,5 juta, dan lemburan Rp 8,17 juta.

"Itu hoax," kata SVP Corporate Communication and Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto saat dihubungi detikcom, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Dia menjelaskan pekerjaan dengan jabatan kebersihan dilakukan oleh pihak ketiga. Lalu, yang membuat informasi itu tidak benar alias hoax adalah slip gaji yang menggunakan tulisan tangan.

"Format slip gajinya, diverifikasi oleh pihak berwenang di perusahaan dan tidak menggunakan logo Pertamina," katanya.

(hek/zlf)