Pertamina Dorong Pemilik SPBU dan Pertashop Miliki Asuransi

Abu Ubaidillah - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 11:08 WIB
Pertamina tebar banyak promo sambut Hari Konsumen Nasional.
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina mendorong mitra kerjanya khususnya pemilik lembaga penyalur (SPBU dan Pertashop) memiliki asuransi. Asuransi ini ditujukan untuk perlindungan aset mitra kerja dan secara tidak langsung melindungi kebutuhan energi bagi masyarakat.

SVP Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto mengatakan Pertamina mendapat amanat untuk memastikan ketahanan energi melalui 4A+1S, yakni availability, accessibility, affordability, acceptability, dan sustainability. Menurutnya Pertamina harus dapat memastikan tersedianya energi yang bisa diakses mudah oleh masyarakat.

"Dengan memiliki asuransi, tentu kita berharap kelangsungan usaha mitra kerja seperti SPBU dan Pertashop tetap dapat terjamin sehingga upaya Pertamina dalam menyediakan energi bagi konsumen tetap terjaga," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

Menurutnya dengan adanya asuransi, diharapkan bisa memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berbisnis di industri migas bagi semua pihak.

Presiden Direktur Tugu Insurance, Indra Baruna mengatakan para pemilik SPBU dan Pertashop perlu perlindungan asuransi untuk menekan berbagai risiko kerugian akibat peristiwa tidak terduga yang berpotensi mengakibatkan kerusakan fisik aset, kerugian finansial, hingga gangguan usaha.

"Tanpa perlindungan asuransi, pemilik usaha SPBU dan Pertashop akan menanggung beban berat untuk memulihkan kembali usahanya jika ada resiko kerugian tersebut," jelas Indra.

Indra mengatakan dengan memiliki asuransi yang memadai mitra kerja akan memperoleh manfaat berupa proteksi asuransi yang pasti merubah kerugian menjadi ganti rugi yang bisa dimanfaatkan agar bisnis tetap berjalan.

Ia menyebut dengan tujuan tersebut Tugu Insurance membangun kerja sama dengan Subholding Commercial & Trading Pertamina dalam memberikan perlindungan asuransi kegiatan di SPBU dan Pertashop disertai kemudahan bagi Mitra Kerja untuk mendapatkan layanan yang terintegrasi di Tugu Insurance. Kerja sama ini dituangkan melalui MOU pada 14 April 2021 lalu.

(ega/ara)