BPH Migas Imbau SPBU Buat Plang 'Solar Subsidi untuk Rakyat Miskin'

Yudistira Imandiar - detikFinance
Minggu, 09 Mei 2021 12:29 WIB
Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa
Foto: BPH Migas
Jakarta -

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengimbau SPBU memasang plang bertuliskan 'Solar Subsidi Untuk Rakyat Miskin'. Tujuannya agar masyarakat mampu segan untuk membeli BBM bersubsidi.

Menurut Ifan, sapaan akrab Fanshurullah, plang tersebut bisa dipasang pada posisi depan pengisian khusus nozzle Jenis BBM Tertentu (JBT) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

Hal itu disampaikan Ifan dalam agenda BPH Migas Goes To Sumatera hari kelima. Rombongan BPH Migas memantau transaksi JBT SPBU 14.211.214 Parapat, Sabtu (8/5).

Pada agenda tersebut, Ifan bersama tim didampingi Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Parapat Faisal Fadh melihat transaksi langsung di SPBU, pada pelayanan JBT solar.

"Pasang saja, solar ini dibiayai APBN, subsidi untuk rakyat miskin, ini penting agar mereka yang punya kemampuan lebih merasa malu untuk antrian di nozzle ini," cetus Ifan dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021).

Ifan menambahkan seberapa banyak subsidi digunakan oleh yang tidak berhak bisa dipantau dengan cara pencatatan nomor polisi. Dengan begitu pemerintah bisa mengambil kebijakan agar ke depannya subsidi lebih tepat sasaran.

Sementara itu, Faisal Fadh menyanggupi untuk segera memasang plang edukasi. Selain itu, saran Kepala BPH Migas untuk insentif bagi operator agar terus bersemangat bekerja akan menjadi perhatiannya.

(ega/dna)