Sudah Sampai Mana Pembangunan Kilang di Desa 'Miliarder' Tuban?

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 24 Mei 2021 15:14 WIB
Proyek kilang Tuban
Proyek Kilang Tuban/Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Proyek kilang Grass Root Refinery (GRR) Tuban sempat menyita perhatian karena pembebasan lahan membuat warga yang tergusur mendadak menjadi miliarder setelah mendapat uang ganti rugi. Sudah sampai mana progres pembangunan Kilang Tuban?

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji memaparkan dari sisi pembebasan lahan sudah rampung 100%. Persetujuan prinsip Tukar Menukar Kawasan Hutan (TMKH) untuk pengadaan lahan Perhutani juga telah terbit.

"Proses land clearing tahap 3 per akhir April 2021 (sudah) 11,6% dibandingkan dengan 2,74% rencana," kata dia dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Senin (24/5/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan pekerjaan Basic Engineering Design (BED) Kilang Tuban telah selesai. Sekarang sedang dikejar pengerjaan Front End Engineering and Design (FEED).

"Progres percepatan Front End Engineering Design/FEED per 30 April 2021 0,6% versus 0,9% dari rencana. Pekerjaan FEED ditargetkan selesai pada bulan Januari 2022," sebut Tutuka.

Berikutnya terkait reklamasi lahan Kilang Tuban. Proses persiapan tender pekerjaan reklamasi sudah dimulai pada minggu ke-4 bulan April 2021.

"Nilai capex untuk proyek tersebut adalah sebesar US$ 16 miliar, dan proyek tersebut akan menyerap tenaga kerja sebanyak 20.000 orang pada saat konstruksi dan 2.500 pada saat mulai beroperasi," tambahnya.

(toy/ara)