Kabar Gembira, Warga Batam Bisa Gratis Naik Daya Listrik Lho

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 25 Mei 2021 12:11 WIB
Pelanggan Listrik Golongan Rendah Dihapus
Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta -

Pandemi telah mengubah pola hidup dan cara kerja masyarakat. Kebijakan pembatasan menuntut penerapan work from home (WFH) banyak dilakukan masyarakat yang berimbas pada peningkatan konsumsi listrik rumah tangga.

Selain itu, banyak juga masyarakat yang akhirnya membuka bisnis sendiri di rumah karena terimbas pandemi. Beragam kondisi tersebut tak jarang menuntut peningkatan kebutuhan daya listrik di rumah. Menaikkan daya listrik jadi tak terelakkan.

Peningkatan kebutuhan daya listrik tersebut dijawab bright PLN Batam. Melalui program khusus tambah daya listrik bagi pelanggannya melalui program "Super Gratis Naik Daya" (GRANADA) bright PLN Batam memberikan pelayanan untuk masyarakat khususnya di Batam untuk menaikkan daya listriknya secara cuma-cuma. Program tersebut rencananya akan berlangsung hingga 31 Mei 2021.

Direktur Utama bright PLN Batam, Nyoman s. Astawa mengatakan hal ini merupakan hadiah lebaran untuk masyarakat batam yang selaras dengan komitmen bright PLN Batam dalam mendukung peningkatan produktivitas masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Dalam program GRANADA ini bright PLN Batam memberikan kemudahan pelayanan, ini merupakan hadiah lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan penambahan daya listrik," ujar Nyoman melalui keterangannya Senin (25/05/2021).

Nyoman juga menjelaskan, program GRANADA ini berlaku kepada pelanggan Rumah Tangga (R), Industri (I), Sosial (S) dan Pemerintah (P) dari daya 1300 VA sampai dengan daya 164 kVA. Melalui program GRANADA pelanggan dibebaskan dari Biaya Penyambungan (BP), namun dikenakan penyesuaian Uang Jaminan Langganan (UJL).

Program tersebut merupakan salah satu usaha bright PLN Batam dalam membantu mewujudkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang mandiri dan berdaya saing. Spesifiknya untuk penambahan daya listrik yang akan berdampak pada produktivitas untuk solusi meningkatkan lagi ekonomi Indonesia.

"Program pengratisan penambahan daya listrik ini juga turut membantu UMKM agar bisa memiliki kemandirian dan daya saing agar memiliki produktivitas yang tinggi," tambah Nyoman.

Dengan program GRANADA peningkatan daya listrik diharapkan naik secara signifikan yang tentunya akan menunjang perekonomian daerah berkembang dan UMKM menjadi mandiri dan memiliki daya saing.

"Kami akan terus berkomitmen untuk memberikan program-program yang meningkatkan produktivitas UMKM. Dan semoga program GRANADA ini bisa membantu meringankan para UMKM yang mengalami kesulitan akibat dampak Pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih terus berlangsung," tutup Nyoman.

(dna/dna)