Aramco Sepakati Pembangunan Pipa Minyak Rp 179 T dengan China

Trio Hamdani - detikFinance
Sabtu, 19 Jun 2021 22:00 WIB
Harga Minyak Mentah AS Di Bawah Nol, Pembeli Tidak Bayar Malah Ditawari Uang
Foto: DW (News)
Jakarta -

Lembaga dana investasi China Silk Road Fund dan Hassana Investment Co yang dikendalikan oleh pemerintah Arab Saudi menyepakati investasi US$ 12,4 miliar di jaringan pipa minyak Saudi Aramco.

Nilai investasi gabungan dari konsorsium tersebut setara Rp 179,6 triliun (kurs Rp 14.489/US$).

Konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan AS, EIG Global Energy Partners LLC tersebut telah menutup kesepakatan untuk mengakuisisi 49% saham ekuitas di Aramco Oil Pipelines Co, anak perusahaan baru. Demikian dilansir Bloomberg, Sabtu (19/6/2021).

Grup tersebut mencakup dana kekayaan negara Abu Dhabi Mubadala Investment Co. dan Samsung Asset Management. Abu Dhabi adalah ibu kota Uni Emirat Arab, bersama dengan Arab Saudi merupakan anggota kunci dari kartel Organisasi Negara Pengekspor Minyak.

Anak perusahaan akan memiliki hak atas pembayaran tarif 25 tahun untuk minyak yang diangkut melalui jaringan pipa minyak mentah Aramco. Produsen minyak terbesar dunia itu akan mempertahankan kepemilikan 51% saham lainnya.

Aramco mungkin mencari untuk mengumpulkan uang dari kesepakatan terstruktur serupa untuk jaringan pipa gas alamnya sebagai bagian dari rencana untuk menjual aset non-inti.

Dana tersebut akan membantu perusahaan mempertahankan dividen tahunan US$ 75 miliar, yang hampir semuanya diberikan kepada pemerintah.

(toy/fdl)