Mau Dapat Diskon Tambah Daya Listrik PLN? Cek di Sini Tutorial Lengkapnya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 23 Jun 2021 11:55 WIB
Listrik gratis dan diskon tarif listrik dari PT PLN (Persero) diperpanjang hingga Desember 2020. Anggarannya akan ditambah.
Mau Dapat Diskon Tambah Daya Listrik PLN? Cek di Sini Tutorial Lengkapnya
Jakarta -

PLN bulan Juni ini memiliki beberapa program promosi tambah daya listrik. Salah satunya Super Electrilife Light.

Promo ini dilaksanakan hingga 30 Juni 2021. Jadi pelanggan yang ingin menambah daya bisa membeli alat elektronik atau belanja minimal Rp 100.000 di marketplace dan distribution channel yang bekerja sama dengan PT PLN Persero.

Setelah itu akan mendapatkan voucher keringanan tambah daya. Syarat utamanya adalah wajib memiliki aplikasi PLN Mobile, karena voucher bisa digunakan di fitur Tambah Daya PLN Mobile.

Program ini berlaku untuk pelanggan Golongan Tegangan Rendah 1 Phasa sampai dengan 11.000 VA dan hanya membayar Rp 202.100 untuk masing-masing voucher.

Bagaimana ya cara dapat diskon PLN?

Belanja di Alfamart melalui aplikasi Alfagift. Barang yang dibeli minimal Rp 100.000 dan bebas barang apapun. Mulai dari sembako, sabun, makanan sampai minuman. Ada dua pilihan pengambilan di toko atau diantar ke rumah (ada biaya yang berlaku untuk pengantaran).

Setelah proses selesai, voucher PLN akan masuk ke dalam aplikasi Alfagift. Nah voucher ini bisa langsung digunakan untuk mendapatkan diskon tambah daya.

Cara mengajukan tambah daya di PLN Mobile

  1. Buka aplikasi PLN Mobile, jangan lupa isi biodata sampai alamat secara lengkap.
  2. Pilih menu Layanan Listrik dan tekan Ubah Daya.
  3. Kemudian akan muncul formulir mulai dari nomor meter sampai unit Layanan PLN.
  4. Setelah itu pelanggan akan diminta untuk mengisi berapa besaran daya yang akan dipilih. Kemudian mengisi keperluan tambah daya.
  5. Kemudian akan muncul informasi pembayaran. Kali ini detikcom menggunakan simulasi penambahan daya dari 1300 VA ke 5500 VA. Biaya penyambungan normal adalah Rp 4.069.800. Kemudian memilik biaya token Rp 95.238 dan biaya PPJ Rp 4.672. Sehingga total adalah Rp 4.169.800.
  6. Di sini bisa langsung memasukan voucher yang sudah didapatkan di aplikasi Alfagift tadi. Sehingga total yang harus dibayar adalah Rp 302.100.
  7. Bisa dilakukan pembayaran menggunakan nomor registrasi yang muncul di aplikasi di sejumlah bank yang ada dalam daftar. Jika nomor registrasi tidak muncul, maka bisa menghubungi call center PLN di 123. Ingat, pembayaran hanya bisa dilakukan melalui teller atau mesin ATM dan bukan mobile atau internet banking.
  8. Setelah itu cek aplikasi PLN dan lihat status. Biasanya dalam beberapa menit masih menunggu pembayaran, kemudian dalam proses dan terakhir proses penyambungan.

Tonton juga Video: Jokowi Resmikan Fasilitas Pengolahan Sampah Listrik di Surabaya

[Gambas:Video 20detik]



(kil/fdl)