Ahok Respons Eks Bos Pertamina soal Limit Kartu Kredit: Buka Aja Semua!

Aulia Damayanti - detikFinance
Sabtu, 26 Jun 2021 12:02 WIB
Basuki Tjahaja Purnama/Ahok
Foto: Basuki Tjahaja Purnama/Ahok (Lutfi Syahban/Denny Pratama/detikcom)
Jakarta -

Basuki Tjahaja Purnama atau beken disapa Ahok pernah membeberkan soal limit kartu kredit korporat Pertamina. Yang mencengangkan, menurut pengakuan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) itu, limit kartu kredit tersebut Rp 30 miliar.

Nah, terkait limit kartu kredit ini, Eks Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ari Soemarno pun ikut buka suara. Menurut Ari saat dirinya menjadi bos Pertamina periode 2006-2009, limit kartu kredit korporat Pertamina sebesar Rp 500 juta.

"Waktu aku Dirut untuk pertama kali diputuskan untuk beri Corp. Credit Card (CCC) dari level Manager sampai ke level Direksi dan Komisaris. Limitnya tergantung posisinya, tertinggi adalah direksi dan komisaris yaitu Rp 500 juta," kata Ari Soemarno dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (25/6/2021).

Menurut Ari jika kini limit kartu kredit Pertamina hingga Rp 30 miliar, namun tidak dilaporkan dengan jelas dan akuntabel, maka ini tentunya merupakan sesuatu yang tidak benar.

"Kalau memang batasnya sekarang (Rp) 30 miliar dan tidak pakai expense report ya aneh dan gak benerlah," tutur Ari.

Ahok pun buka suara menanggapi informasi limit kartu kredit korporat Pertamina yang dipaparkan Ari Soemarno.

"Minta buka aja semua," ujar Ahok singkat kepada detikcom, Sabtu (26/6/2021).

Sebagai informasi, sebelumnya sempat heboh pengakuan Ahok bahwa limit kartu kredit yang didapatkannya mencapai Rp 30 miliar. "Iya, Komisaris Utama dengan limit Rp 30 miliar," kata Ahok, dikutip dari CNBC Indonesia.

Ahok juga sempat membagikan foto kartu kreditnya, dari foto tersebut diketahui kartu kredit korporasi di Pertamina bekerja sama dengan Bank Mandiri. Kartu kredit itu memiliki logo Pertamina juga, dan bertuliskan Platinum Corporate Card.

Lihat juga video 'Warga Kutawaru Keluhkan Air Sumur Hitam Usai Kebakaran Tangki Pertamina':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)