DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Bos BPH Migas, Ini Daftarnya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 28 Jun 2021 11:17 WIB
Gedung BPH Migas
Foto: Dok. BPH Migas
Jakarta -

Komisi VII DPR RI menggelar uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper tes terkait seleksi calon ketua dan anggota komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) periode masa jabatan 2021-2025. Fit and proper test ini dipimpin Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto.

"Demikian tadi presentasi yang disampaikan oleh calon Komite BPH Migas Saudara Abdul Halim. Baiklah bapak ibu anggota Komisi VII yang terhormat baik yang hadir fisik maupun virtual marilah kita mulai dalami, mulai kita uji beberapa visi misi dan target-target dan tujuan-tujuan serta program kerja yang disampaikan tadi," papar Sugeng seperti disiarkan melalui YouTube Komisi VII, Senin (28/6/2021).

Sebelumnya, DPR menerima 18 nama yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal tersebut pun diumumkan DPR melalui Istagramnya di @dpr_ri.

"Komisi VII DPR RI akan menyelenggarakan Fit and Proper Test Calon Anggota BPH Migas. Komisi VII DPR RI meminta kepada masyarakat luas dengan identitas jelas untuk memberikan masukan terhadap Calon Ketua dan Anggota Komite BPH Migas pada daftar yang tertera di atas," demikian keterangan DPR seperti dikutip detikcom.

Berikut 18 nama calon dan ketua BPH Migas tersebut:

1. Abdul Halim
2. Adi Purwanto
3. Agus Maulana
4. Basuki Trikora Putra
5. Budi Santoso Syarif
6. Danu Prijambodo
7. Didik Sasongko Widi
8. Eman Salman Arief
9. Erika Retnowati
10. Ferdy Novianto
11. Harya Adityawarman
12. Iwan Prasetya Adhi
13. Kusnendar
14. Oman Rochmana
15. Robert Heri
16. Saleh Abdurrahman
17. Wahyudi Anas
18. Yapit Sapta Putra

Dari nama-nama tersebut ada beberapa nama mantan petinggi PT Pertamina (Persero), di antaranya Basuki Trikora Putra yang pernah menjabat sebagai Direktur Pemasaran Korporat Pertamina dan Budi Santoso Syarif pernah menjabat Direktur Pengolahan Pertamina.

Lihat juga video 'Kepala BPH MIGAS Ajak Masyarakat Optimistis Sambut New Normal':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)