Diskon Tarif Listrik Diperpanjang Sampai September, Begini Cara Dapatnya!

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 04 Jul 2021 12:23 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Diskon tarif listrik merupakan salah satu bantuan yang diperpanjang pemerintah karena adanya pemberlakuan PPKM Darurat. Diskon tarif listrik ini diberikan untuk golongan 450 VA dan 900 VA bersubsidi.

"Nah, kami dengan adanya PPKM ini akan memperpanjang lagi diskon 50% untuk 450 VA, dan 900 VA dengan 25% sampai dengan kuartal ketiga. Jadi durasinya diperpanjang 3 bulan 6 bulan dan sekarang 9 bulan sampai dengan September," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Mereka yang akan menerima diskon listrik adalah 32,6 juta pelanggan yang merupakan pelanggan untuk 450 VA dan 900 VA bersubsidi. Anggaran yang digelontorkan Rp 1,91 triliun.

Untuk pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri 450 VA diberikan diskon 50%. Sedangkan untuk pelanggan rumah tangga 900 VA berdasarkan DTKS diberikan diskon 25%. Turun dari besaran diskon di kuartal I-2021.

Berikut cara mendapatkan diskon tarif listrik PLN sampai dengan September 2021:

1. Bagi pelanggan pascabayar, diskon tarif listrik PLN diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

2. Bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik PLN diberikan saat pembelian token listrik. Khususnya untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan WhatsApp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik.

3. Bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pascabayar, karena ada perubahan besaran stimulus maka diskon tarif listrik PLN langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik.

Bingung kamu termasuk penerima diskon tarif listrik PLN atau bukan? Cek caranya di halaman berikutnya