Ambil Alih Blok Rokan, Pertamina Terima 2.689 Eks Pekerja Chevron

Erika Dyah - detikFinance
Senin, 09 Agu 2021 22:45 WIB
Blok Rokan
Foto: Ilustrasi Blok Rokan (M Fakhry Arrizal/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 2.689 pekerja eks PT Chevron Pacific Indonesia telah resmi bergabung menjadi Pertamina Wira (Perwira) melalui acara penyambutan dalam gelaran Town Hall Meeting yang berlangsung secara virtual. Ini dilakukan usai serah terima wilayah kerja Rokan dari Chevron kepada SKK Migas dan diteruskan kepada PT Pertamina Hulu Rokan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) selaku Holding Pertamina Group, Nicke Widyawati menjelaskan Perwira merupakan panggilan yang ditujukan untuk seluruh pekerja Pertamina. Adapun panggilan ini memiliki makna setiap pekerja Pertamina menjalankan peran sebagai seorang pejuang energi yang berjuang untuk menjamin ketersediaan energi di seluruh pelosok negeri.

Upaya ini dilakukan demi menopang keberlangsungan kehidupan masyarakat dan mendorong laju roda ekonomi nasional. Dalam kesempatan ini, Nicke pun menyampaikan pengelolaan Blok Rokan oleh BUMN diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk bangsa dan negara.

Ia pun mengucapkan selamat bergabung kepada 2.689 Perwira Pertamina Hulu Rokan yang telah menjadi keluarga besar Pertamina dan menjadikan energi baru Pertamina serta bagi Indonesia.

"Dengan bergabungnya wilayah kerja Rokan ke Pertamina Group maka terbuka kesempatan untuk sinergi dan kolaborasi dengan seluruh anak perusahaan di Pertamina Group agar kegiatan operasional dapat berjalan dengan lebih optimal," ucap Nicke dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi sebagai Subholding Upstream Pertamina, Budiman Parhusip berharap kepada Perwira Baru agar dapat meneruskan nilai-nilai dan praktik terbaik yang selama ini telah diterapkan dari wilayah semula. Ia pun berharap nilai serta praktik tersebut dapat ditingkatkan di Pertamina Hulu Rokan.

"Pertamina Subholding Upstream menjadi bagian dari Pertamina untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional. Saya yakin bahwa kehadiran dan dukungan dari rekan-rekan dari Wilayah Kerja Rokan yang telah bergabung, akan memperkuat Subholding Upstream untuk tetap berperan aktif dalam menunjang ketahanan energi nasional, visi dan misi Pertamina Group serta target yang telah diamanahkan kepada Subholding Upstream," ujar Budiman.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan, Jaffee Arizon Suardin turut menyampaikan sambutan hangat kepada Perwira Pertamina di Blok Rokan.

"Proses alih kelola ini sudah melalui jalan yang panjang, dan hari ini, 9 Agustus 2021 adalah hari yang baru untuk men-develop blok ini. Perjuangan baru yang dimulai dengan slogan SUMATERA (Sustainable, Massive, To Grow, Efficient, Resilient, Aggressive) menuju One Team One Goal," jelas Jaffee.

Komisaris Utama PT Pertamina Hulu Energi, Rinaldi Firmansyah juga diketahui ikut mengucapkan selamat dalam kesempatan ini.

"Hari ini, Senin, 9 Agustus 2021 merupakan hari penting dan menjadi momen bersejarah yang akan kita kenang, karena hari ini dengan bangga dan penuh sukacita kita menyambut keluarga baru kita, para perwira Rokan," tutur Rinaldi.

Sebagai informasi, di Town Hall Meeting kali ini Pertamina melakukan penyerahan welcome kit secara simbolis kepada perwakilan perwira dari Wilayah Kerja Rokan. Penyerahan welcome kit ini berlangsung secara virtual oleh Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan kepada Desi Latipayan, perwakilan Pekerja Wanita dengan predikat Pekerja Terbaik yang tergabung di departemen Operation & Maintenance WK Rokan. Adapun Dirut PT Pertamina Hulu Rokan turut didampingi oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) dan Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi sebagai Subholding Upstream.

PT Pertamina Hulu Rokan sebagai anak usaha Subholding Upstream Pertamina akan menjadi Lead Coordinator untuk mengelola seluruh wilayah kerja hulu migas Pertamina di Sumatera. Diketahui, sebelum bergabungnya Wilayah Kerja Rokan, hingga Semester I tahun 2021 Regional Sumatera telah memproduksi minyak sebanyak 49 ribu BOPD dan gas sebanyak 768 juta standar kaki kubik per hari.

(ncm/hns)