Generasi Ketiga Keluarga Bakrie Kini Pegang Kendali BUMI

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 01 Sep 2021 14:57 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 16 poin menutup perdagangan terakhir sebelum libur panjang Lebaran. Transaksi dilantai bursa sudah mulai sepi karena investor sudah merasakan euforia libur panjang, Jumat (2/8/2013).
Generasi Ketiga Keluarga Bakrie Kini Pegang Kendali BUMI
Jakarta -

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) telah melakukan perombakan di jajaran komisaris dan direksi. Dalam perubahan tersebut perusahaan di bawah Grup Bakrie itu kini dikendalikan oleh generasi ketika Keluarga Bakrie.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) BUMI hari ini telah mengangkat beberapa sosok baru di jajaran manajemen. Terdapat dua nama yang menarik perhatian yakni Adhika Andrayudha Bakrie dan Adhika Nuraga Bakrie.

Kedua sosok tersebut merupakan anak dari Nirwan Dermawan Bakrie alias cucu dari Achmad Bakrie sang pendiri Grup Bakrie. Dengan kata lain mereka adalah generasi ketiga dari keluarga pengusaha kenamaan Bakrie.

Adhika Andrayudha Bakrie sendiri kini duduk sebagai Komisaris BUMI. Sedangkan Adika Nuraga Bakrie atau yang akrab disapa Aga Bakrie dipercaya menjadi Presiden Direktur BUMI menggantikan Almarhum Saptari Hoedaja.

Keduanya sebelumnya sudah malang melintang duduk di kursi jabatan penting di berbagai perusahaan Grup Bakri. Aga Bakrie misalnya sebelumnya merupakan Deputi CEO sekaligus Direktur BUMI. Dia juga menjadi komisaris di PT Bumi Resources Minerals Tbk (BMRS).

Aga Bakrie sendiri merupakan pria kelahiran Jakarta 14 Desember 1981. Dia merupakan lulusan dari Bentley University, Amerika Serikat. Dia juga pernah menjabat sebagai komisaris di PT Bakrie Sumatera Plantation, pernah juga menjadi direktur di PT Bakrie Capital Indonesia, PT Minarak Brantas Gas dan PT Gaia Energi Baik.

Adhika Andrayudha Bakrie juga memiliki sederet pengalaman menjadi pejabat penting di berbagai perusahaan Grup Bakrie. Dia merupakan Komisaris dari PT Bumi Resources Minerals Tbk (BMRS), pernah menjadi direktur di PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin Indonesia. Pernah juga jadi Deputi CEO dari BMRS dan Direktur di PT Petromine Energy.

Ayahnya sendiri, Nirwan Bakrie juga sudah memegang kendali perusahaan. Itu terjadi ketika kakaknya, Aburizal Bakrie mundur dari pengelolaan perusahaan keluarga.

Lihat juga video 'Eks Koruptor Jabat Komisaris, PKS: BUMN 'Sapi Perah' Penguasa':

[Gambas:Video 20detik]



(das/fdl)