Apa Saja Manfaat Minyak Bumi buat Manusia?

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 16 Sep 2021 14:27 WIB
Cadangan minyak dan gas bumi di Blok Mahakam, Kalimantan Timur akan beralih kepemilikan ke PT Pertamina (persero). Peralihan ini akan resmi dilakukan tepat tanggal 1 Januari pukul 00.00 WITA.
Ilustrasi/Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Manfaat minyak bumi sangat banyak berguna bagi kehidupan manusia. Minyak bumi atau petroleum merupakan bahan bakar fosil yang digunakan sebagai bahan baku untuk produksi bahan bakar minyak (BBM) dan banyak produk-produk kimia. Minyak bumi menjadi sumber energi yang penting karena memiliki persentase yang signifikan dalam memenuhi konsumsi energi dunia.

Ada banyak pemanfaatan minyak bumi yang bisa berguna bagi kehidupan manusia. Berkat manfaatnya, banyak negara yang melakukan eksplorasi daerah penghasil minyak bumi dan dimanfaatkan atau diekspor ke negara lain demi keuntungan. Untuk itu pemanfaatan minyak bumi diatur dalam Permen ESDM Nomor 42 Tahun 2018 tentang prioritas pemanfaatan minyak bumi untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Mengutip buku "Minyak Bumi Membuat Dunia Terkesima' karya Yulianus Haryata, berikut beberapa pemanfaatan minyak bumi buat kehidupan manusia:

1. Bahan Bakar

Minyak bumi banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor maupun mesin diesel. Bahan bakar tersebut didapatkan dari proses penyulingan atau distilasi.

2. Sumber Gas Cair

Minyak bumi juga banyak dimanfaatkan sebagai gas cair. Salah satu produk yang banyak digunakan masyarakat adalah LPG. Prpduk ini disimpan dalam sebuah tabung dan biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga.

3. Industri Petrokimia

Khasiat minyak bumi lainnya biasa digunakan untuk mendukung industri petrokimia. Industri ini biasanya memproduksi berbagai barang, seperti pupuk urea, serat pakaian, kosmetik, cat, lilin, hingga karet nilon.

4. Sumber Produksi Polimer

Sumber produksi polimer biasa digunakan untuk banyak industri, khususnya plastik. Pemanfaatan minyak bumi dalam hal ini adalah menghasilkan polimer untuk dibuat menjadi mainan, pakaian, hingga makanan.

5. Bahan Serat

Bahan-bahan serat, seperti rayon, polyester, nilon, dan tekstil sintetis bisa dibuat dengan melakukan pemanfaatan minyak bumi. Zat ini diketahui sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia.

6. Bahan Poliuretan

Pemanfaatan minyak bumi https://detik.com/tag/minyak-bumi yang terakhir adalah menjadikan bahan poliuretan. Bahan ini biasa digunakan untuk membuat busa yang mana berfungsi sebagai tambahan sofa, pelindung barang, matras, hingga jok motor dan mobil.

(upl/upl)