Pertamina Dorong Pertumbuhan Startup Energi Lewat XScouts Program

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 16:33 WIB
Transisi Energi Pertamina Raih Penghargaan dari Forum Ekselen BUMN
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) mendorong inovasi energi dengan berkolaborasi bersama inovator melalui usaha rintisannya (start up). Hal ini dilakukan Pertamina guna menciptakan nilai tambah dari inovasi yang dilakukan pihaknya.

Direktur Strategi, Portfolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Iman Rachman mengatakan upaya tersebut dilakukan untuk menjadi katalis pengembangan inovasi teknologi di Indonesia, khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan dan petrokimia. Mengingat, Pertamina merupakan satu-satunya perusahaan energi yang terintegrasi di Indonesia.

Iman menegaskan keterbukaan inovasi (open innovation) menjadi salah satu kunci sukses (key success factor) Pertamina. Khususnya dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnis di tengah tantangan transisi energi.

"Pertamina senantiasa melakukan kolaborasi dan inovasi untuk melahirkan gagasan-gagasan cemerlang untuk membangun ketahanan energi nasional berbasis energi bersih. Komitmen kami sangat kuat dalam hal ini," jelas Iman dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021).

Iman menjelaskan dalam kerangka Open Innovation ini, pihaknya menyelenggarakan Pertamina XScouts Program. Program ini menjadi platform Open Innovation yang dapat diikuti oleh startup dengan inovasi energi yang relevan.

"Pertamina XScouts adalah platform bagi para startup untuk berkolaborasi dengan Pertamina dan bersama-sama mengembangkan bisnis khususnya di bidang energi bersih, energi terbarukan dan petrokimia. Terdapat dua channel untuk program XScouts yaitu Partnership dan Growth," terangnya.

Menurut Iman, platform ini akan membantu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas proses Open Innovation serta meningkatkan level kepercayaan start up terhadap komitmen Pertamina dalam mencari, menjangkau, menyambut, dan mensinergikan value creation.

"Dalam kolaborasi ini, kami menawarkan access to market, access to funding, access to expertise, dan tentunya business viability," jelasnya.

Adapun pendaftaran peserta akan dibuka setelah Pertamina XScouts diluncurkan. Kegiatan launching ini akan dikemas dalam One Day Virtual Talks bertajuk 'Shaping the Future of Energy' pada pada 29 September 2021 mendatang.

Dalam peluncuran ini, kata Iman, Pertamina akan menghadirkan pembicara dari berbagai background, seperti start up, lembaga inkubator, venture capital, hingga perwakilan dari Pemerintah.

Ia berharap event ini mampu memberikan insight yang membangun minat usaha rintisan berbasis inovasi dan mendorong kolaborasi dengan Pertamina di bidang energi bersih, energi terbarukan, dan petrokimia.

"Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Program XScouts secara komprehensif termasuk persyaratan dan benefitnya, peserta diharapkan dapat registrasi dan hadir dalam event One Day Virtual Talks tersebut. Informasi mengenai acara dapat diperoleh melalui Instagram dan Website Pertamina XScouts," pungkasnya.

(akd/hns)