Pengecer Curhat Sulit Beli Pertalite, Begini Respons Pertamina

Angling Adhitya Purbaya, Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Senin, 04 Okt 2021 15:58 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Ilustrasi/Foto: Hasan Al Habshy

Salah satu pedagang bensin eceran asal Boyolali, Purwanto, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, SPBU tidak hanya mempersulit, bahkan ada sampai melarang membeli Pertalite.

"Betul, saya juga kesulitan membeli pertalite sekarang. Alasannya ada yang karena ramai, ada yang tidak boleh beli pertalite, hanya boleh Pertamax. Kalau memang harus beli di jam sepi ya nggak apa-apa, tapi jangan dilarang," katanya.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan pelayanan di SPBU agar optimal diprioritaskan untuk kendaraan bermotor.

"Dalam rangka pelayanan di SPBU agar tetap optimal, maka prioritas pengisian BBM di SPBU adalah untuk kendaraan bermotor. Adapun untuk masyarakat yang jauh dari SPBU, Pertamina memiliki program Pertashop," kata Brasto saat dikonfirmasi.

Meski demikian soal usulan dan masukan deri para penjual bensin eceran itu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

"Terkait aspirasi dan permasalahan mengenai hal tersebut, Pertamina mengapresiasi masukan dan usulan dari berbagai pihak serta akan mengoordinasikannya dengan pihak-pihak terkait," tegasnya.


(hns/hns)