Rencana Erick Thohir Ganti Pembangkit PLN 15 GW dengan EBT

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 08 Okt 2021 19:44 WIB
Hari ini vaksin tahap ke-14 kembali tiba di Indonesia. Sebanyak 8 juta bulk vaksin Sinovac mendarat di Bandara Soetta. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang menerima dan melihat langsung.
Foto: AmiriYandi/DJIKP-Kemkominfo: Menteri BUMN Erick Thohir
Jakarta -

Sejumlah upaya dilakukan pemerintah untuk menjaga lingkungan. Salah satunya mengganti pembangkit listrik lama dengan memakai sumber energi baru terbarukan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pembangkit tersebut akan diganti dengan investasi baru di bidang energi baru terbarukan (EBT).

"Dan ini juga banyak power plant-power plant yang ada di PLN pun kita akan convert menjadi energi terbarukan dengan investasi baru," kata Erick dalam webinar, Jumat (8/10/2021).

Dia menjelaskan tahapannya antara lain, dalam dua tahun ini akan mendorong pembangkit dengan kapasitas 15 giga watt (GW) memakai EBT. Ia mengatakan, baru saja menggelar rapat dengan PLN dan meminta agar hal itu didorong.

"Dalam tahap awal ini, dua tahun ini, saya akan push 15 giga watt (GW) ini berubah dalam road map yang kita sepakati. Baru saja saya meeting dengan PLN push mengenai ini," tambahnya.

Meski demikian, dia mengatakan, perubahan ini tetap akan memperhatikan daya saing.

"Kita lakukan dengan baik tapi juga menjaga keseimbangan tadi, competitiveness kita," tutur Erick.

(acd/hns)