Tambang Freeport Bakal Pakai Teknologi 5G, Mobil-Truk Tanpa Sopir

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 12 Okt 2021 13:23 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir/Foto: Tangkapan Layar (Foto: YouTube Channel Setpres)
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana meresmikan pertambangan pintar dengan kekuatan jaringan 5G pada April 2022. Ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara.

"Sesuai transformasi yang terjadi di dunia mengenai industri 4.0, kami rencana enam bulan lagi, kami mengharapkan Bapak Presiden bisa hadir di Freeport untuk menyaksikan peresmian 5G mining. Ini yang pertama di Asia Tenggara," kata Erick dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/10/2021).

Erick mengatakan pertambangan 5G ini merupakan hasil dari kerja sama antara PT Freeport Indonesia bersama Telkom Group.

Nantinya ini berfungsi untuk menjaga keamanan operasional karena pertambangan ini merupakan kategori cukup dalam sehingga penting adanya proteksi tenaga kerja di dalamnya.

"Fungsi dari 5G mining ini selain untuk menjaga keamanan operasional karena memang nanti tambang yang dilakukan tambang dalam, sehingga penting sekali proteksi para tenaga kerja yang bekerja di dalamnya," tuturnya.

Dengan pertambangan 5G, nantinya meningkatkan konektivitas integrasi. Rencananya di sana juga dioperasikan mobil otonom.

"Direncanakan di sana ada kecanggihan dari autonomous car atau autonomous truk-truk besar yang dilakukan. Persiapan ini kita coba maksimalkan antara Freeport dan Telkom," imbuhnya.

(aid/ara)