Kamu Perlu Tahu, Fakta-fakta Smelter Freeport yang Diklaim Terbesar Dunia

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 13:21 WIB
Presiden Joko Widodo resmikan dimulainya proyek smelter PT Freeport Indonesia
Foto: Dok. Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan peresmian groundbreaking smelter PT Freeport Indonesia di Gresik kemarin (12/11). Smelter itu diklaim menjadi yang terbesar di dunia.

Hal itu disampaikan Jokowi karena smelter tersebut mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun.

"Tadi kita mendapat laporan bahwa smelter yang akan dibangun ini dengan desain single line, ini terbesar di dunia karena mampu mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga per tahun," kata Jokowi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Rabu (13/10/2021).

"Itu kalau dinaikkan truk yang kecil itu biasanya bisa ngangkut 3 sampai 4 ton, berarti berapa truk yang akan berjajar di sini. Kalau isinya 3 ton saja 1 truk, itu berarti ada 600.000 truk berjajar di sini, bayangkan, ini gede sekali atau 480 ribu ton logam tembaga," tutur Jokowi.

Lalu apalagi potensi besar dari smelter Freeport di Gresik?

Telan Dana Rp 42 T

Tidak hanya itu, di tempat yang sama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan smelter Freeport di Gresik yang menelan investasi Rp 42 triliun akan menjadi fasilitas pemurnian tembaga untuk menghasilkan katoda tembaga, serta pemurnian logam berharga lainnya.

"Smelter ini akan melakukan investasi Rp 42 triliun, yang fungsinya sebagai fasilitas pemurnian tembaga untuk menghasilkan katoda tembaga. Juga fasilitas pemurnian logam berharga menghasilkan emas, perak dan logam berharga lainnya," kata Erick.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Jokowi: Smelter PT Freeport Gresik Terbesar di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]