Wanti-wanti Jokowi: Kekayaan Alam RI Juga Bisa Jadi Musibah

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 13 Okt 2021 13:37 WIB
6 Pujian Profesor Singapura soal Kejeniusan Jokowi
Wanti-wanti Jokowi: Kekayaan Alam RI Juga Bisa Jadi Musibah
Jakarta -

Ibarat pisau bermata dua, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut kekayaan yang dimiliki Indonesia bisa memberikan manfaat besar, tapi juga bisa memberikan musibah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta PPSA XXIII 2021 LNKRI di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

"Memang kita tahu kekayaan sumber daya alam itu adalah anugerah tetapi jika tidak dikelola dengan baik juga bisa menjadi sebuah musibah dan pelestarian dan keberlanjutan alam harus diseimbangkan antara kepentingan ekonomi dan kepentingan-kepentingan lainnya," ucapnya.

Dia mencontohkan, Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sumber daya ikan yang berlimpah. Namun jika terus diambil tanpa memikirkan keberlanjutannya, maka lama kelamaan ikan-ikan di perairan Indonesia akan habis.

"Penangkapan ikan harus dilakukan untuk kesejahteraan rakyat tetapi juga harus terukur dan juga dijamin keberlanjutannya tidak hanya diambil, diambili terus tapi habis karena tidak terukur karena tidak terkalkulasi," terangnya.

Begitu juga di sektor pertambangan. Menurutnya penambangan sumber daya alam juga harus dilakukan secara terukur, dikendalikan dan dijamin pengelolaannya pasca penambangan.

"Industri kehutanan, perkebunan juga bisa kita lakukan tapi dilakukan dengan menjamin keberlanjutan dan menjaga kekayaan hayati kita," tambahnya.

(das/fdl)