Dapat 3 Mandat Penting Majukan Pertambangan RI, Begini Jurus MIND ID

Angga Laraspati - detikFinance
Jumat, 22 Okt 2021 11:00 WIB
MIND ID
Foto: MIND ID
Jakarta -

BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID) mendapatkan tiga mandat penting dari pemerintah untuk memajukan dunia pertambangan Indonesia. Lalu bagaimana jurus MIND ID dalam mengemban 3 mandat tersebut?

Adapun 3 mandat yang diberikan pemerintah yakni mengelola cadangan mineral strategis dan batubara di Indonesia, agresif melakukan hilirisasi dari sumber daya mineral yang dimiliki, dan menjadi perusahaan kelas dunia. Untuk itu, Grup MIND ID menilai top talent atau SDM harus memiliki kapabilitas organisasi dan kompetensi individual yang tinggi dalam menjawab mandat tersebut.

Talenta suatu organisasi harus cakap mengelola sumber daya yang dimiliki agar nilai tambah yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk jangka panjang. Karena itu, MIND ID pada Jumat (8/10) lalu telah meluluskan 25 peserta Emerging Leaders Development Program (ELDP) Cohort 2.

"ELDP sebagai program pengembangan untuk level BOD-2 top talent Grup MIND ID merupakan wujud komitmen dalam pengembangan SDM Perusahaan. Program ini membentuk calon pemimpin yang selaras dengan budaya AKHLAK dan memiliki kapabilitas untuk menjalankan Noble Purpose MIND ID," tutur Direktur Layanan Strategis MIND ID, Ogi Prastomiyono dalam keterangan tertulis, Jumat (22/10/2021).

Program ELDP dimulai sejak September 2019 yang meliputi modul-modul leadership diantaranya: Leading self, Leading strategy and innovation, Leading high performing teams, Strategic decision-making and financial acumen, dan Leading execution yang diperuntukkan bagi Insan Grup MIND ID.

Para peserta wajib mengikuti kelas baik secara tatap muka maupun secara virtual dengan fasilitator global seperti Wharton School, Darden Business School dan Korn Ferry. Program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Perusahaan dalam rangka mewujudkan mandat MIND ID.

Peserta ELDP diharapkan akan menjadi pemimpin yang berwawasan dan memiliki daya saing global, serta dapat memimpin eksekusi inisiatif strategis MIND ID secara efektif.

Dalam program ini, peserta telah melalui pembelajaran dengan total durasi 284 jam di kelas, 24 jam sesi presentasi yang memaparkan hasil dari action learning project terkait 8 proyek inisiatif strategis dan dibimbing oleh 6 Executive Project Sponsor.

Untuk dapat menjawab kebutuhan dan tantangan global, peserta menjalani global apprenticeship program ke 5 negara di 15 perusahaan terkemuka selama 3 bulan. Dengan program ELDP, Insan Grup MIND ID tak hanya cakap dalam satu bidang namun dengan program akselerasi ini bisa menjadi talenta yang menguasai banyak bidang.

Dengan demikian diharapkan Insan Grup MIND ID akan mampu memastikan keberlanjutan dari sumber daya mineral yang dikelola agar memberikan kontribusi maksimal dalam jangka panjang bagi Indonesia.



Simak Video "Tongoloka Dump, Tempat Penimbunan Bebatuan Sisa Tambang Pulau Sumbawa"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)