Harga Minyak Meroket, Premium cs Naik Nggak?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 17:10 WIB
Sejumlah kendaraan mengisi BBM premium, di SPBU Pejompongan, Jakarta, Jumat (16/01/2015). Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) turun lagi. Harga Premium diturunkan menjadi Rp 6.600/liter, sementara Solar menjadi Rp 6.400/liter. Harga baru ini berlaku mulai Senin (19/1/2015) pukul 00.00.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM tengah mencari jalan keluar terkait dampak tingginya harga minyak. Sebab, harga minyak yang tinggi membuat PT Pertamina (Persero) harus menanggung selisih harga BBM yang dijual ke masyarakat.

Untuk diketahui, harga keekonomian beberapa jenis BBM seperti Pertalite dan Premium jauh di atas harga yang diberikan Pertamina ke konsumen.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih menuturkan, kenaikan harga BBM sulit diterapkan saat ini. Apalagi, kondisi ekonomi masyarakat yang baru akan pulih karena pandemi.

Menurutnya, pemerintah akan mengalah dalam kondisi ini. Meski, ia tak menjelaskan secara rinci maksudnya.

"Ini rencananya akan dibahas nanti, bagaimana kompensasi kepada Pertamina. Jadi yang diharapkan oleh pemerintah adalah kenaikan harga BBM ini kan sebenarnya juga mungkin masih sulit diterima oleh masyarakat yang saat ini kondisinya baru mau pulih COVID," katanya dalam konferensi pers, Senin (25/11/2021).

"Jadi kemungkinan pemerintah yang kira-kira ngalah lah sama rakyat biar tetap tenang, tidak ada inflasi," tambahnya.

Rencana kenaikan harga BBM belum ada saat ini. Dia mengatakan, untuk jenis BBM umum (JBU) sendiri telah mengikuti harga pasar. Sementara, jenis BBM tertentu (JBT) dan jenis BBM khusus penugasan (JBKP) belum ada pembahasan.

"Jadi yang kalau harga JBU sebenarnya akan naik fluktuatif mengikuti harga pasar. Tapi kalau terkait JBT JBKP, tahu kan JBT itu minyak solar, kalau JBKP Premium belum ada pembahasan," katanya.



Simak Video "Pertamax Turbo Turun, Ini Harga BBM Pertamina Terbaru "
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)