Beberapa Negara Krisis Energi, ESDM: Tidak Banyak Pengaruh ke RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 16:43 WIB
Krisis BBM melanda kawasan Haiti. Kondisi itu membuat warga ramai-ramai mendatangi pom bensin demi mendapatkan BBM. Ini potretnya.
Foto: AP Photo
Jakarta -

Sejumlah negara tengah seperti China, Inggris dan India tengah mengalami krisis energi. Terbaru, Singapura juga terancam hal serupa.

Kementerian ESDM menyatakan, krisis energi di berbagai negara itu tidak banyak memberi pengaruh ke Indonesia. Pemerintah menyatakan, telah sigap merespons hal tersebut.

"Jadi dampak krisis energi di berbagai negara ini untungnya saat ini memang tidak banyak terpengaruh khususnya di Indonesia karena pemerintah dengan sangat cepat merespons kondisi sebelum jauh lebih memburuk," kata Direktur Pembinaan Program Minerba Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo dalam konferensi pers, Selasa (26/10/2021).

Pemerintah sendiri telah menerbitkan Keputusan Menteri Nomor 139 terkait dengan pemenuhan kebutuhan batu bara. Menurutnya, aturan itu merupakan keberpihakan pemerintah untuk kebutuhan dalam negeri.

Lanjutnya, hal itu terbukti mengatasi krisis energi dalam negeri. Dia menambahkan, dampak krisis energi telah diantisipasi pemerintah.

"Dengan terbitnya Kepmen 139 itu tentunya keberpihakan pemerintah kepada kebutuhan dalam negeri sangat terbukti bisa mengatasi krisis energi di dalam negeri," katanya.

"Sehingga tentunya dampak krisis di luar negeri itu sudah kita antisipasi sesuai dengan rencana-rencana pemerintah terhadap pemanfaatan batu bara di dalam negeri," tambahnya.



Simak Video "Penampakan SPBU Inggris Tutup Berhari-hari Imbas Krisis BBM"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)